Sex

Q&A: Amankah Bercinta Saat Menstruasi?

By  | 

Q&A: Saya dan suami belum pernah melakukan hubungan seks saat menstruasi saya tiba. Jadi selama 7-8 hari masa haid itu, maka kami pun ‘puasa’ bercinta. Tapi salah seorang teman suami bilang bahwa ia tetap berhubungan intim dengan istrinya meskipun Sang Istri ‘berhalangan’. Suami akhirnya bilang pada saya dan meminta saya untuk tetap melayaninya di masa haid nanti. Apakah betul bercinta saat menstruasi aman dilakukan?
Jeihan, 30 tahun, mama dari Amrin, 1 tahun 

A : Menurut Laura Berman, PhD, seorang pakar seks dan relationship dari Amerika, bercinta saat hamil pada dasarnya aman untuk dilakukan. Mitos yang mengatakan bahwa saat haid, seorang wanita ‘kotor’ karena tengah mengeluarkan darah yang tidak bersih dan ‘menyentuh’nya maka akan membuat pasangan Anda ‘tercemar’. Padahal hingga detik ini, belum ada satu pihak pun yang bisa membuktikan bahwa bercinta saat hamil berbahaya bagi kesehatan Anda.

Fakta yang harus Anda ketahui justru, bercinta ketika haid ternyata dapat meringankan gejala PMS seperti kram perut, sakit kepala, atau sakit pinggang. Dan ternyata darah menstruasi Anda secara tidak langsung bisa jadi cairan lubrikan yang membantu Anda meraih orgasme yang lebih dahsyat lho. Tapi memang, saat menstruasi rahim Anda terbuka lebih lebar untuk mengeluarkan darah sehingga bukan tidak mungkin terjadi penularan penyakit tertentu. Dan bukan tidak mungkin kemungkinan Anda untuk hamil tetap ada meskipun berhubungan seks ketika haid. Jadi ada beberapa hal yang tetap harus diperhatikan yaitu:

  1. Tetap menggunakan kondom. Bila Anda tidak berencana hamil dan merasa tak nyaman bila penetrasi dilakukan secara langsung tanpa ‘pengaman’ sebaiknya pasangan tetap memakai kondom. Selain meminimalisasi terjadinya kehamilan, kondom juga bisa ‘melindungi’ Anda dari ‘sentuhan’ Mr.P suami yang terkena darah Anda.
  2. Bercinta di bawah pancuran air. Selain memberi sensasi tersendiri, bercinta di bawah pancuran air secara otomatis akan membersihkan darah menstruasi Anda, sehingga rasa ‘jijik’ yang mungkin Anda rasakan bisa hilang dengan trik ini.
  3. Lakukan setelah hari ketiga/keempat masa haid. Pada umumnya di hari pertama dan kedua masa menstruasi seorang wanita, darah yang keluar ‘sedang banyak-banyaknya’ dan mungkin hal ini bisa mengganggu keintiman Anda berdua. Oleh karena, lebih baik bercintalah ketika haid Anda sudah mulai ‘sedikit’, mungkin di hari ketiga atau keempat.
  4. Melakukan alternatif seks. Nah, ketika haid Anda tengah ‘banjir’, Anda tetap bisa kok mesra dengan pasangan. Bagaimana caranya? Lihat di sini ya (baca : 4 Alternatif Bercinta Saat Anda Berhalangan) (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

Shares