Sex

Q&A: Enggan Bercinta Paska Melahirkan, Harus Bagaimana?

By  | 

Q: Saya baru saja melahirkan putri pertama 1 bulan yang lalu. Sampai saat ini, saya merasa enggan untuk bercinta karena beberapa hal. Gairah seks menurun, saya sering merasa kelelahan, dan takut membahayakan jahitan operasi Caesar. Normalkah? Lalu bagaimana mengatasinya ya, karena saya juga tidak ingin mengecewakan suami saya.

A: Secara umum, menurut saran dokter, tubuh memang memerlukan waktu untuk pulih kembali paska persalinan dengan waktu sekitar 1-1,5 bulan untuk dapat berhubungan seksual kembali. Namun dalam kondisi ini (persalinan dengan Caesar), maka waktu yang dibutuhkan untuk pulih dapat menjadi lebih lama. Laura Riley, MD, Direktur eksekutif Massachusetts General Hospital bahkan menyarankan agar hubungan seks baru dilakukan setelah 6 bulan paska persalinan dan melakukan pemeriksaan kesehatan kembali ke dokter.

Personal lubricant & Condom

Posisi bercinta yang aman bagi kondisi jahitan Caesar adalah spooning dan missionary. Anda dan pasangan dapat saling merapatkan tubuh secara bersisian, sehingga penetrasi tidak akan menekan sisi perut bagian bawah. Untuk mengembalikan kekencangan otot vagina, Mamas dapat melakukan latihan senam kegel setidaknya 3 kali sehari secara teratur untuk memulihkan area vagina yang robek akibat prosedur operasi Caesar.

Namun yang perlu diperhatikan adalah, jika setelah 2 bulan Anda masih enggan melakukan hubungan seksual, sebaiknya waspada terhadap kemungkinan depresi paska melahirkan. Segera konsultasikan kondisi ini kepada dokter karena membutuhkan penanganan yang tepat agar tidak mengganggu hubungan Anda dengan pasangan. Komunikasikan pada pasangan untuk membangun kembali hubungan seksual secara perlahan atau memanfaatkan lubrikan jika diperlukan. (Nathalie Indry /KR /Photo: Istockphoto.com) 

 

Shares