Parenting

Tips Mendongeng untuk Si Kecil

By  | 

Mendongeng untuk Si Kecil tak hanya sekedar membacakan buku cerita saja ya, Mamas. Ciptakan momen seru saat mendongeng agar suasana lebih menarik.

Selain melatih imajinasi Si Kecil, mendongeng juga akan mempererat bonding Mama dan Si Kecil. Karena itu, interaksi mama – anak sangat dibutuhkan disini.

Menurut Ario Zidni dari Ayo Dongeng Indonesia, banyak para mama merasa tidak percaya diri saat mendongeng untuk anaknya. “Alasan itulah yang membuat mama kemudian urung mendongeng untuk anak-anaknya karena merasa tidak bisa berekspresi seperti para pendongeng,” urai Ario yang juga dikenal sebagai Kak Aio, di acara Kelas Mendongeng Bersama NIVEA Sentuhan Ibu 2019, hari Jum’at, 1 November 2019 lalu.

Padahal, menurut Ario, mamas tak perlu mengkhawatirkan hal tersebut. Berikut ini adalah beberapa panduan mendongeng dari Ario untuk para mama:

1.Yang dibutuhkan anak adalah keberadaan mamanya. Berapapun waktunya, bonding-nya itu yang disukai Si Kecil.

2.Jangan berpatokan pada ceritanya, namun lebih kepada bagaimana mama menciptakan pengalaman bersama anak saat mendongeng.

3.Tak perlu merasa takut mama tidak ekspresif. Pada dasarnya, semua orang punya ekspresi. Anak akan merasakan tekanan suara mama saat mendongeng. Dan itu juga bagian dari ekspresi. Mereka bisa memahami itu kok, Mams.

4.Jangan terlalu banyak memasukkan pesan moral dalam cerita. Lebih baik tekankan pada cerita dengan imajinasi yang tinggi tanpa ada batasan-batasan. Buatlah mendongeng jadi momen yang menyenangkan bagi anak.

5.Pilih cerita yang orangtua suka terlebih dahulu. Karena nantinya akan bagus saat kita mendongeng untuk anak.

6.Lakukan saja. Tidak perlu berpatokan atau membandingkan diri anda dengan pendongeng lainnya. Dengan begitu mama akan lebih bisa mendongeng dengan baik.


Kelas Mendongeng NIVEA Sentuhan Ibu 2019

Sebagai brand perawatan kulit yang telah hadir menemani keluarga di seluruh dunia selama lebih dari seratus tahun, NIVEA percaya bahwa setiap kali kita menyentuh kulit dengan penuh kelembutan, tubuh akan merasakan sensasi yang menenangkan (the power of touch). Karenanya NIVEA terus berupaya dalam mengajak masyarakat untuk menjadikan rutinitas merawat kulit sebagai salah satu waktu untuk menciptakan bonding tak hanya dengan diri sendiri melainkan juga dengan keluarga tercinta, salah satunya antara mama dan anak. Dan rutinitas ini bisa dilakukan di sela-sela mama mendongeng untuk Si Kecil.

Melalui program NIVEA Sentuhan Ibu 2019, NIVEA kembali mengajak para mama untuk memperkuat bonding time dengan buah hatinya melalui kegiatan story telling atau mendongeng. Berbeda dengan tahun sebelumnya, bila di tahun 2018 NIVEA mengadakan operet anak, maka di tahun 2019 ini NIVEA ingin lebih menekankan kepada interaksi antara mama dan anak saat mendongeng. Seperti apa bentuk acaranya, nantikan acaranya di bulan Desember 2019 nanti ya.. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. iStockphoto.com)

Shares