Health

Kenapa Mengonsumsi Yogurt Baik untuk Anak?

By  | 

Beberapa mama menunda pemberian yogurt pada anak karena rasanya yang asam, atau karena takut membahayakan pencernaan anak. Padahal, yogurt sebenarnya sudah bisa dikonsumsi oleh anak mulai dari usia 1 tahun lho, Mamas.

Minuman yang merupakan hasil fermentasi susu ini memiliki kandungan gizi dan manfaat yang tak jauh berbeda dengan susu. Dan dibandingkan susu, yogurt rasanya lebih segar dan tidak membuat anak merasa mual. Yogurt mengandung protein, lemak, karbohidrat dan mineral yang menyehatkan bagi tubuh anak. Dan perlu Anda ketahui juga, 8 ons yogurt plain rendah lemak setara dengan 400 mg kalsium, kandungannya 300 mg lebih banyak daripada susu biasa.

Fresh strawberries , yogurt and homemade granola

Dan berikut ini merupakan manfaat yang bisa didapat oleh anak dari mengonsumsi yogurt:

  • Yogurt mengandung vitamin A, B1, B2, B12, D, E, mineral, protein serta probiotik (Lactobacillus bulgaricus dan Streptococus thermopilus) yang membantu sistem pencernaan tubuh.
  • Yogurt membantu memaksimalkan penyerapan kalsium guna menjaga kesehatan tulang dan giginya.
  • Yogurt juga turut membantu memaksimalkan penyerapan vitamin B yang bermanfaat untuk menjaga metabolisme tubuh.
  • Pada anak perempuan, yogurt dapat membantu menormalkan pH dan membebaskan anak dari masalah infeksi dan gatal pada organ saluran kencing saat ia beranjak remaja.
  • Menjaga keseimbangan berat badan ideal. Dengan mengonsumsi yogurt, tubuh terasa lebih kenyang dan tidak cepat lapar. Dengan menghindari obesitas, nantinya anak juga akan terhindar dari penyakit akibat tekanan darah tinggi ataupun kolesterol tinggi saat ia dewasa nanti.
  • Efisien dan dapat dikombinasikan dengan makanan lainnya yang bergizi. Yogurt juga cocok dikombinasikan dengan makanan apa saja, baik itu sebagai saus salad, hingga campuran buah dan sereal yang menarik minat anak-anak. (Tammy Febriani/KR/Photo:Istockphoto.com)

Shares