Beauty & Style

Cara Tepat Memilih Sunglasses

By  | 

Banyak orang berpikir memakai sunglasses hanya sekadar untuk gaya saja. Padahal sebenarnya sunglasses atau kacamata hitam punya fungsi yang penting untuk mata, yaitu untuk mengurangi intensitas cahaya matahari langsung ke mata.

Cahaya terik yang langsung terkena mata akan membuat retina rusak dan berpotensi menimbulkan kebutaan. Selain itu, paparan sinar UV juga akan membuat kulit sekitar mata yang tipis akan mengalami penuaan dini.

Kebanyakan orang hanya memilih berdasarkan desain dan warna favorit mereka. Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi saat memilih sunglasses.

1. Fungsi
Jangan salah, setiap sunglasses sebenarnya punya fungsi dan kegunaannya masing-masing. Beda fungsinya maka hasil yang didapat pun akan berbeda.
Ketika memilih sunglasses untuk berolahraga, jangan gunakan kacamata aviator (kacamata bulat untuk pilot) karena justru akan mengganggu aktivitas Anda, dan cenderung mudah melorot. Aaat santai sebaiknya pilih bentuk sunglasses yang modis atau sporty feminin.

2. Kenali jenis lensa
Saat memilih sunglasses, pilihlah lensa dengan UV protector yang bisa menahan sinar ultraviolet sampai 100 persen. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan warna lensa yang dipilih.Warna lensa yang keabu-abuan berfungsi untuk mengurangi cahaya yang menyilaukan. Warna kekuningan sangat cocok dikenakan saat matahari tak terlalu terik. Sedangkan warna merah akan memberikan kontras yang tajam antara hijau dan biru. Lensa warna merah ini sangat cocok untuk Anda yang gemar berolahraga di air atau golf.

vb

Victoria Beckham. Aviator-style gold-tone and perforated leather mirrored sunglasses

3. Nyaman
Kenyamanan saat menggunakan kacamata harus jadi perhatian utama. Rasa tak nyaman ini biasanya disebabkan karena alergi pada framemetal, tangkai kacamata terlalu ketat atau longgar, sampai penyangga hidung kacamata yang selalu melorot.

4. Kesesuaian dengan wajah
Biasanya kriteria ini jadi pertimbangan utama saat memilih sunglasses.Banyak orang menghindari jenis kacamata tertentu karena tak sesuai dengan bentuk wajahnya. Sebaiknya jangan membatasi diri dengan bentuk kacamata tertentu karena nantinya Anda hanya punya satu tipe kacamata saja sepanjang waktu sehingga tampilan Anda terlihat monoton. (Yosi Avianti/Photo : Istockphoto.com)

Shares