Mind

5 Tipe Kepribadian Memanajemen Waktu, Anda yang Mana?

By  | 

Apapun profesi Anda, baik itu wanita bekerja atau ibu rumah tangga, pasti pernah dihadapkan pada situasi yang disebut ‘berpacu dengan waktu’. Kadang, lantaran banyaknya aktivitas yang harus dikerjakan membuat kita merasa waktu 24 jam sehari itu kurang. Boro-boro punya waktu untuk ‘me time’, begitu mungkin pikir Anda. Padahal belum tentu semua orang merasakan seperti Anda. Kuncinya ada di manajemen waktu alias time management dan setiap orang memiliki tipe masing-masing dalam memanajemen waktu. Kira-kira Anda tipe yang mana ya, Mamas?

1. Si Tak Bisa Bilang ‘Tidak’. Orang seperti ini tidak bisa berkata ‘tidak’ terhadap apapun permintaan orang lain. Ia merasa bisa mengerjakan semua hal sehingga lupa bahwa sebetulnya ia tidak sanggup. Bila Anda merasa seperti ini, cobalah untuk mengubah kepribadian Anda karena Anda sendiri yang akan rugi nantinya. Beranilah untuk berkata tidak atau minta bantuan orang lain jika memang diperlukan.

2. Si Panik. Orang seperti ini melihat semua hal sebagai sesuatu yang penting sehingga jika tidak ditangani, ia sendiri yang akan panik bak orang ‘kebakaran jenggot’. Cobalah belajar memilah-milih pekerjaan atau aktivitas sesuai urutannya. Mulai dari yang harus dikerjakan segera hingga yang bisa ditunda ya, Mams.

3. Si Penunda. Hmmm..sounds familiar, right? Akui saja ya, Mams. Banyak dari kita, para mama yang kadang suka menunda mengerjakan sesuatu hingga detik-detik terakhir. Tanpa disadari, sebenarnya Anda punya waktu mengerjakannya sih, tapi Anda memilih melakukan hal lain yang kurang penting, seperti misalnya terlalu lama mengecek akun sosial media daripada membalas email klien atau membereskan rumah. Solusinya adalah membuat to do list harian yang ditempel di meja kerja atau kulkas di dapur, dan check list setiap kali Anda selesai mengerjakan sebuah tugas.

4. Si Nyonya Sempurna. Anda tidak bisa menerima kesalahan sekecil apapun dalam pekerjaan Anda. Jadi, Anda membuang-buang waktu karena terlalu sering mengecek tiap tugas dan kewajiban Anda sedetail mungkin. Akibatnya, Anda yang kewalahan sendiri nantinya. Cobalah untuk belajar ‘menurunkan’ standar Anda akan sesuatu hal sehingga Anda bisa punya waktu untuk mengerjakan hal lain.

5. Si Seimbang. Orang seperti ini tahu kapan waktu untuk bekerja, kapan waktu untuk bercanda. Ia bisa mengerjakan semua hal sesuai urutan atau prioritasnya. Orang tipe ini memiliki manajemen waktu yang baik sehingga bisa punya waktu untuk melakukan me time, baik di kantor maupun di rumah. (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

Shares