Career

5 Cara Agar Tetap Produktif Bekerja di Rumah

By  | 

Sekarang ini, bekerja tak hanya dari kantor. Banyak pekerja atau pebisnis bekerja secara mobile, atau bahkan dari rumah. Nah, bagi Anda yang berniat bekerja di rumah agar memiliki lebih banyak waktu untuk Si Kecil, berikut ini lima tip yang bisa membuat Anda tetap produktif saat bekerja di rumah.

  1. Miliki spot khusus untuk bekerja.Tentunya akan lebih baik jika Anda memiliki ruang kerja sendiri, Bila ada sudut yang memungkinkan untuk menaruh meja kerja, maka Anda bisa mulai bekerja dari situ. Namun bila tidak memungkinkan memiliki ruang kerja sendiri, dan ada sudut kosong di rumah, maka Anda bisa meletakkan meja kerja Anda disana. Desain sudut ruang kerja Anda senyaman mungkin, banyak inspirasi desain yang bisa Anda dapatkan di internet lho, Mamas. Anda juga bisa menggunakan salah satu spot favorit di rumah sebagai tempat untuk Anda bekerja. Seperti misalnya, menggunakan meja tamu atau meja makan ketika jam kerja, dan kembalikan fungsinya seperti sedia kala setelah selesai bekerja.
  2. Buat jadwal kerja. Agar tetap produktif dan dapat bekerja secara maksimal, buatlah jadwal kerja seperti halnya bekerja di kantor. Lakukan ini secara rutin. Bangun di waktu yang sama setiap hari, mandi, dan berpakaian. Setelah selesai menyiapkan sarapan bagi Si Kecil dan suami, serta ‘tugas’ rumah tangga lainnya, maka Anda bisa mulai bekerja. Atau pilihlah waktu yang menurut Anda merupakan saat paling produktif bagi Anda. Saat makan siang, Anda bisa berhenti bekerja untuk makan siang dan bermain dengan Si Kecil sebelum kembali bekerja.
  3. Batasi jam kerja. Walaupun Anda bekerja di rumah, tetaplah membatasi jam kerja Anda. Menyesuaikan dengan office hour bisa Anda lakukan, namun bila tujuan Anda bekerja di rumah adalah agar bisa memiliki quality time yang lebih banyak bersama Si Kecil, maka Anda bisa bekerja saat ia sedang tidur siang, atau membatasi kerja Anda selama 4-5 jam saja perhari. Tidak membatasi waktu kerja, hanya akan membuat Anda stres nantinya.
  4. Tetap berdandan. Keuntungan bekerja di rumah, selain memiliki waktu bagi Si Kecil yang lebih banyak, adalah Anda bisa lebih santai dalam berpenampilan. Anda tentu bebas mengenakan pakaian apapun di rumah sendiri, tak perlu berdandan ataupun mengenakan high heels. Walau begitu, bukan berarti Anda bisa mengenakan baju tidur Anda sepanjang hari bukan? Walau tak ada larangan, tapi percaya deh Mams, Anda akan lebih produktif ketika Anda bekerja di rumah sesuai rutinitas dan tentunya berpenampilan lebih menarik.
  5. Anda tetap perlu me timeMeskipun Anda bekerja di rumah, bukan berarti Anda tak akan pergi-pergi ke luar rumah kan, Mams? Sesekali, tetaplah luangkan waktu bagi diri Anda melakukan me time. Seperti ke salon, atau buat rencana hangout bersama para sahabat.
  6. Reward. Beri penghargaan bagi diri Anda sendiri ketika Anda berhasil mencapai target atau telah melalui saat-saat yang melelahkan. Beri reward pada diri sendiri atas kerja keras yang tidak sia-sia. Misalnya, liburan singkat bersama keluarga, atau ajak suami berkencan dengan dinner romantis. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares