Pleasure

5 Trik Liburan Keluarga yang Seru dan Hemat

By  | 

Mamas, berlibur bersama keluarga memang selalu menyenangkan ya, namun tentu saja ada dana yang harus dikeluarkan. Mulai dari transportasi, penginapan hingga uang makan dan belanja, hal ini menelan biaya yang tidak sedikit lho. Agar dana yang Anda keluarkan tidak terlalu banyak, lakukan 5 trik berikut.

  • Tiket promosi. Tiket pesawat promosi merupakan salah satu cara untuk mereduksi anggaran berlibur. Namun memang biasanya tiket promosi ditujuNahkkan untuk low season, bukan saat liburan sekolah atau akhir tahun. Untuk itu, Anda perlu memikirkan terlebih dahulu apakah di tanggal tersebut Si Kecil aman meninggalkan sekolah. Anda juga wajib cek jadwal Anda dan pasangan, jika aman langsung saja membeli tiket promosi. Namun pastikan tiket promosi tersebut.
  • Hotel vs Airbnb. Hotel dengan segala fasilitasnya yang lengkap memang terasa sangat nyaman ya, Mams, namun seringkali harganya juga tinggi. Yang wajib Anda lakukan adalah membandingkan hotel yang Anda incar dengan apartemen atau rumah yang disewakan via aplikasi. Yang perlu Anda bandingkan adalah jarak, juga fasilitas. Yang juga perlu diingat, jika Anda menginap di apartemen atau rumah Anda dan keluarga dapat memasak sendiri sehingga tidak selalu makan di restoran.
  • Buat rencana perjalanan dengan maksimal. Mengunjungi tempat bersejarah atau museum juga kebun binatang dan pantai akan membuat liburan Anda seru dan edukatif, serta tentu saja tidak boros. Rencanakan perjalanan Anda semaksimal mungkin agar Si Kecil dapat berlibur maksimal tanpa harus mengeluarkan uang yang banyak.

Christmas shopping list

  • List down barang belanjaan yang diinginkan di tempat tujuan. Realistis saja, Anda dan keluarga pasti ingin berbelanja di tempat tujuan, entah itu gadget, kerajinan tangan khas setempat, pakaian, hingga mainan untuk Si Keicl. Sebelum pergi berlibur ada baiknya Anda membuat daftar barang yang ingin Anda beserta perkiraan budgetnya. Hal ini akan membantu Anda untuk tidak lapar mata dan berbelanja tanpa arah.
  • Buat rencana anggaran sejak awal. Yang satu ini juga sangat penting lho, Mams, biasakan untuk selalu membuat anggaran biaya sebelum melakukan perjalanan. Dan bawalah uang sebesar anggaran yang telah ditentukan. Hindari menggunakan kartu kredit kecuali untuk hal darurat. Happy weekend, Mams! (Karmenita Ridwan/Photo: Istcokphoto.com)

Shares