Health

Q&A : Detox Water, Apakah Itu?

By  | 

Q : Belakangan ini beberapa teman saya mulai menerapkan gaya hidup sehat yang salah satunya dengan detox water. Saya tertarik untuk mencobanya. Apa sajakah manfaatnya dan buah-buahan apa saja yang baik untuk dikonsumsi?

Anastasia, 32 tahun

A : Sebenarnya untuk melakukan detox water Anda hanya perlu minum air putih sebanyak delapan gelas sehari. Namun sekarang ini detox water dilakukan dengan meminum infused water yang telah berisi nutrisi dari bermacam-macam buah. Irisan buah yang dimasukkan ke dalam air dan didiamkan beberapa saat, bermanfaat membuat air mineral atau air putih menjadi lebih segar. Vitamin yang dikandung buah pun akan ikut larut dalam air dan membantu meningkatkan vitalitas tubuh.

Irisan lemon juga dipercaya dapat berfungsi untuk detoksifikasi racun-racun yang ada dalam tubuh. Cara membuatnya pun sangat mudah, siapkan air mineral lalu tempatkan pada jar, teko, ataupun wadah yang dapat ditutup. Siapkan buah-buahan, cuci bersih, kemudian iris tipis dan masukkan ke dalam air yang sudah disiapkan. Simpan dalam lemari pendingin sekitar 2-3 jam, lalu sajikan. Irisan buah tidak perlu dimakan, namun jika detox water masih akan disimpan, setelah lebih dari 4 jam sebaiknya irisan buah diganti dengan yang baru. Anda dapat tambahkan sedikit gula non kalori jika infused water dirasa terlalu asam. Beberapa buah yang dapat Anda kombinasi antara lain : blueberry dan jeruk sunkis, lemon dan stroberi, cranberry dan lemon, kiwi dan stroberi, mentimun dan jeruk nipis, serta kiwi, jeruk, dan daun mint. Selamat mencoba, ya. (Yosi Avianti/LD/Photo : Istockphoto.com)

 

 

Shares