Education

Yuk, Terapkan Montessori di Rumah!

By  | 
The first essential for the child’s development is concentration.” – Dr. Maria Montessori.

Anda pasti sering mendengar tentang manfaat positif pengajaran konsep Montessori pada anak – anak ya, Mams. Secara umum, metode ini terbukti dapat melatih anak menjadi pribadi yang mandiri, lebih mudah berkonsentrasi dan memiliki keberanian mengungkapkan pendapat. Pertama kali diperkenalkan oleh seorang pendidik dari Italia di akhir abad 19, Dr. Maria Montessori, konsep ini diperuntukkan bagi anak – anak pada rentang usia pra sekolah sampai sekolah dasar dengan pendekatan student centered learning. Maria Montessori mengajarkan anak untuk lebih aktif berperan serta dalam pembelajaran, memberikan kebebasan berkegiatan sesuai dengan keinginan serta menggunakan berbagai tools untuk memperkenalkan konsep/seni ketrampilan hidup.

montessori 1

Kini, Mamas bisa mengadopsi metode Montessori kepada Si Kecil dengan panduan sebuah buku! Berawal dari kecintaannya terhadap konsep inilah, Elvina Lim Kusumo, mama dari Caleb (3,5 th) yang sebelumnya merupakan founder blog indonesiamontessori.com memutuskan untuk merangkum semua aktivitas edukatifnya bersama Sang Putra dalam sebuah buku berjudul “Montessori di Rumah.” Resmi diluncurkan pada tanggal 4 Juni 2016 lalu di The Hall, Senayan City, Vina berharap dengan terbitnya buku ini, ia dapat memberikan inspirasi bagi para mama di seluruh Indonesia untuk melakukan aktivitas edukatif bersama anak – anak di rumah. Tidak selalu harus dengan peralatan atau mainan mahal kok, Mams. Buku ini memberikan berbagai ide DIY Montessori tools yang mudah untuk dibuat. Termasuk manfaat dari setiap aktivitas yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Seru, ya?

montessori 2

Berbagai aktivitas mulai dari talkshow, free games for kids, sampai pengumpulan buku anak untuk donasi juga menjadi inti acara peluncuran buku “Montessori di Rumah”. Smartmama.com bekerjasama dengan story teller Poetri Soehendro mengajak anak – anak yang hadir untuk mendengarkan cerita berjudul ‘Camping’, yang mengajarkan anak – anak keberanian untuk beretualang dan mengenal alam sekitar. Overall, it was a great event and we enjoyed every minute of it! (Nathalie Indry/KR/Photo: Various)

Shares