Style

Jenis Mainan Untuk Bayi Usia 6 Bulan

By  | 
 Pada usia 6 bulan bayi sudah memiliki perkembangan yang jauh lebih aktif dari sebelumnya. Jemarinya sudah mulai bisa menggenggam benda benda dengan kuat. Keinginannya untuk meraih benda yang ada disekitarnya semakin tinggi apalagi dengan warna yang mencolok, memindahkan benda dan kemudian memukul benda-benda menjadi salah satu gerakan yang mungkin dia perlihatkan kepada anda.

Keamanan adalah hal yang sangat penting yang harus diperhatikan. Keamanan mainan bayi yaitu dari segi bahan, tekstur dan ukuran. Bersihkan selalu mainan bayi anda bila bersentuhan dengan mulut untuk mengurangi masuknya kuman atau bakteri ke dalam pencernaannya. Juga, hindari mainan yang menggunakan tali yang panjangnya lebih dari 15 cm yang akan mengganggu geraka bayi anda.

Mainan berbentuk gantungan
Mainan seperti itu banyak macamnya seperti boneka kecil, manik-manik dan mainan gantung yang mengeluarkan bunyi. Memberi mainan jenis ini akan berguna untuk melatih dan memberikan stimulus terhadap kemampuan visual bayi. Selain itu mainan gantung yang mengeluarkan bunyi sangat berguna untuk melatih ketajaman pendengaran bayi.

Mainan berbentuk cermin
Mainan bayi 6 bulan yang selanjutnya yaitu cermin kecil. Bayi akan merasa senang ketika melihat bayangan di cermin. Anda bisa memberikan mainan berbentuk cermin kecil dengan bahan dasar plastik supaya aman bagi bayi yang berusia 6 bulan. Gerakan cermin tersebut sehingga bayi akan mengikuti dan berusaha mengambil cermin tersebut. Cara tersebut akan menstimulus kemampuan bayi dalam bergerak dan melatih fokus bayi terhadap suatu benda.

Mainan bayi yang mempunyai roda
Untuk menstimulasi supaya bayi bergerak dan belajar merangkak, Anda bisa memberikan jenis mainan yang memiliki roda seperti mobil-mobilan atau berbentuk binatang tapi memiliki roda. Ketika bayi akan mengambil mainan, cobalah Anda untuk menarik mainan tersebut sehingga bayi akan terstimulus untuk menggapai mainan tersebut.

Mainan berbentuk alat musik
Anda bisa memberikan mainan untuk bayi 6 bulan berbentuk alat musik pada bayi seperti piano kecil atau drum. Biarkan supaya bayi memijit dan memukul alat musik tersebut karena hal ini berguna untuk melatih motorik halus pada bayi. (Yosi Avianti/Photo : Istockphoto.com)

Shares