Health

Paleo Diet untuk Si Calon Mama

By  | 

Mamas, menurut buku Brain Rules for Baby: How to Raise a Smart and Happy Child from Zero to Five yang ditulis oleh John Medina, seorang ahli biologi molekuler, diet dengan cara paleo yang juga dikenal dengan caveman diet merupakan cara makan terbaik bagi wanita hamil. Pasalnya diet ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan berbagai sumber vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh calon mama dan calon bayi. Ingin tahu lebih jauh? Yuk simak pembahasan Smart Mama berikut.

Apa itu Paleo Diet?

Metode diet paleo terinspirasi dari makanan pada masa purbakala dulu di mana pada zaman tersebut belum ada makanan olahan, dan relatif mengonsumsi makanan mentah atau setengah matang. Diet yang satu ini tidak mengenal nasi, dairy products, dan sudah pasti jauh dari junk food. Prinsip dari diet ini adalah back to nature, sehingga hanya mengonsumsi bahan makanan yang berasal dari alam seperti sayuran, buah, dan daging segar.

Aturan Paleo Diet untuk Calon Mama

Jika Mamas to be berkomitmen untuk menjalankan Paleo Diet, maka Anda diperbolehkan untuk mengonsumsi berbagai jenis daging merah maupun daging putih, juga seafood, namun tentu saja tanpa lemak dan perhatikan tingkat kematangannya ya, Mams. Anda juga dapat mengonsumsi karbohidrat yang berasal dari alam, misalnya ubi atau kentang. Sayur-sayuran dan buah sudah pasti masuk dalam menu harian Anda, hanya saja untuk konsumsi buah tetap harus dibatasi, pasalnya buah mengandung kadar gula yang cukup tinggi.

Saat menjalankan diet ini, Anda pantang mengonsumsi produk olahan seperti sosis, bakso, nugget, gula juga nasi dan roti. Cara mengolah masakan untuk Paleo Diet juga harus menggunakan bahan alami, misalnya minyak zaitun atau minyak almond jika ingin menggoreng dan menumis. Dan bagi Anda yang menyukai makanan manis, jangan khawatir Mams, Anda masih dapat mengonsumsi kurma, madu, maupun gula aren.

Keuntungan Paleo Diet untuk Calon Mama

  • Berat badan Anda tetap terjaga selama masa kehamilan, sehingga tidak mengalami over weight.
  • Mendapatkan sumber protein, vitamin dan mineral yang sesuai dengan kebutuhan wanita hamil dan janin dalam kandungan.
  • Terhindar dari berbagai komplikasi kehamilan seperti anemia dan diabetes gestasional.
  • Menjalankan diet tanpa tersiksa, pasalnya Anda tetap bisa mengonsumsi aneka makanan lezat yang pasti diidamkan selama kehamilan.
  • Konsumsi makanan natural juga dapat membuat Anda lebih fresh, meski tengah mengandung.

Nah, Mamas to be, Anda tertarik untuk mengikuti diet ini? Jangan lupa konsultasikan dulu dengan dokter atau ahli gizi ya, dan saat Anda menjalani Paleo Diet, wajib bagi Anda untuk mengonsumsi banyak air putih. (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

Shares