Interior Design

Inspirasi Gaya Retro pada Kamar Tidur

By  | 

Retro yang sangat kental dengan kultur di era tahun 50an hingga 70an memang tak pernah lekang oleh waktu. Untuk para pecinta retro, tak ada salahnya kini Anda bereksperimen dengan gaya retro di ruangan tidur Anda, Mams.

Meskipun bergaya retro, Anda bisa memadu-madankan dengan furnitur dan dekorasi terkini untuk menciptakan tampilan fresh. Langkah-langkah di bawah ini tergolong sederhana sehingga dapat dipraktikkan  siapa saja, kapan dan di mana saja. Coba terapkan yuk.

1. Warna pastel. Anda bisa gunakan cat dinding berwarna pastel seperti krem, cokelat susu, atau merah muda. Lalu, pilih tempat tidur, meja rias, kursi, atau lemari berwarna kuning atau merah bata. Di kamar, Anda tak perlu banyak menerapkan aksesori, cukup tempatkan benda fungsional saja karena sedikit benda yang ada di kamar akan semakin baik.

colorful-retro-bedroom

2. Lampu tempel. Untuk pencahayaan, pilih lampu tempel yang biasanya diletakkan di dinding dan bukan yang digantung di langit-langit. Tempatkan lampu tempel ini di kedua sisi tempat tidur Anda. Terakhir, gantungkan sunburst, yakni sejenis ukiran yang terbuat dari besi dan sangat populer di era tahun 50an. Letakkan benda ini menggantung di langit-langit di atas tempat tidur Anda.

3. Seprei .Pilih seprei berbahan sedikit tebal. Kemudian tempatkan dua buah bantal di atasnya dengan sarung bantal berwarna cerah.

4. Gorden. Pilih gorden berwarna pastel. Pilih gorden berjenis tipis dan tebal. Gunakan gorden tipis untuk bagian dalam dan gunakan gorden lebih tebal di bagian luar.

5. Furnitur. Carilah furnitur yang kental akan nuansa retro ala tahun 50an. Bentuk kursi atau sofa yang sangat populer kala itu adalah sofa berbentuk kotak dan sederhana, tanpa lekukan pada sudutnya. Bahan sofa biasanya mengilap dan cenderung licin. Untuk warnanya, Anda bisa memilih sofa berwarna kuning, biru, atau hijau yang sedikit gelap. Kemudian letakkan di sudut ruangan.

contemporary-modern-retro-elegant-bedroom-800

6. Wallpaper. Cara paling mudah kembali ke gaya retro adalah dengan menambah wallpaper dinding pada ruangan Anda. Dipadu furnitur gaya Skandinavia yang sederhana tampilan ruang menjadi tak membosankan.Lewat wallpaper dinding, ruangan memang tampak jadi lebih hidup. Permainan bentuk geometris khas retro memberi kesan ceria dan tidak kaku, modern, namun simpel.

3794308960_d29aa1c4ae

(Yosi Avianti/LD/Photo: Various)

Shares