Career

Q&A: Ini Alasan Kenapa Anda Tak Boleh Bekerja di Hari Libur

By  | 
Q: Sebagai administration head di sebuah perusahaan jasa keuangan, saya seringkali harus lembur dan bahkan membawa pekerjaan ke rumah, termasuk di hari libur. Suami dan anak mulai protes dengan kondisi ini. Bagaimana sebaiknya saya menyikapi hal ini?

Felicia, 30 tahun, mama dari Marco, 4 tahun

A: Banyak orang bekerja lebih dari jam kerja yang sudah ditentukan. Bahkan, sebagian orang juga tetap bekerja di hari libur. Mungkin hal ini memberikan kesan kalau mereka berdedikasi tinggi, royal, dan sangat mencintai perusahaan.

Sebenarnya bekerja di hari libur, baik akhir pekan maupun hari lainnya, justru menandakan kalau Anda tak profesional. Karena, hal tersebut malah menimbulkan kesan kalau Anda sering menunda pekerjaan di hari kerja hingga harus menyelesaikannya di hari libur. Terlepas dari kesan ini, bekerja di hari libur ternyata juga membawa dampak buruk bagi diri Anda  sendiri. Berikut beberapa alasan kenapa sebaiknya Anda tak bekerja di hari libur.

1. Otak Anda butuh istirahat. Meskipun memiliki waktu tidur cukup, tapi tubuh bukan satu-satunya yang harus diistirahatkan. Tapi kesehatan mental juga harus diperhatikan dengan baik. Ketika Anda bekerja lebih dari jam yang sudah ditentukan dan bekerja lebih dari lima hari, hal ini dapat membuat otak terus bekerja dan memaksanya berpikir keras. Karena itu, berhentilah bekerja pada saat Anda libur. Habiskan waktu libur Anda dengan berjalan-jalan, membaca buku, dan bermain bersama keluarga.

2. Pasangan vs karier. Bekerja di hari libur pasti akan menyita banyak waktu Anda. Anda yang sudah menikah seharusnya menghabiskan waktu bersama pasangan di akhir pekan. Karena, hubungan yang baik dengan pasangan dapat turut memengaruhi kesuksesan Anda di masa depan. Tahukah Anda Mams, kalau menikahi orang yang tepat sebagai suami turut berperan dalam meningkatkan kualitas dan jenjang karier Anda lho.

3. Anda selalu ada untuk perusahaan namun tak sebaliknya terjadi untuk Anda. Berdedikasi penuh pada perusahaan memang baik. Tapi, jangan pernah berpikir kalau pekerjaan dan perusahaan mencintai Anda sebesar rasa cinta Anda kepadanya. Jadi, jangan membodohi diri sendiri dengan berpikir perusahaan akan selalu ada buat Anda.

4. Karena ini adalah hari libur. Alasannya memang hanya sesederhana itu. Jangan sampai di saat keluarga Anda sedang berkumpul bersama, bercanda dan  tertawa bersama, Anda malah berkutat dengan laptop dan segala pekerjaan.

Tentunya Anda tak mau terus-terusan seperti ini kan Mams? Lebih baik matikan laptop dan gadget lalu berbaur bersama keluarga Anda. Pikirkan cara terbaik apa yang menyebabkan Anda sampai harus bekerja di hari libur. Apakah manajemen waktu yang kurang baik, atau memang pekerjaan Anda yang terlalu banyak. Setelah tahu penyebabnya, segera cari solusi terbaik. Berdiskusi dengan pasangan mengenai hal ini akan jadi hal yang sangat Smart Mama sarankan. (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares