Career

Q&A: Trik Menghadapi Hari Senin Tanpa Stres

By  | 
Q: Seperti layaknya pekerja pada umumnya, Jumat adalah hari yang menyenangkan untuk saya karena keesokannya adalah weekend. Namun saat tiba hari Minggu, rasa gelisah dan tertekan seringkali menghantui saya. Rasanya enggan sekali menghadapi awal pekan. Bagaimana ya caranya agar hari Senin menjadi hari yang menyenangkan di tempat kerja?
Devi, 28 tahun, mama dari Vicky, 3 tahun
 
A: Tanpa terasa akhir pekan telah berakhir dan lagi-lagi Anda harus menghadapi hari Senin ya, Mamas! Mendengar kata Senin saja sudah membuat mood turun ya. Tak heran rasa gelisah dan tertekan seringkali menghantui Anda dan para pekerja lainnya yang akan menyambut pekerjaan di awal pekan. Keengganan dan perasaan tertekan sebenarnya dapat berdampak negatif karena pada akhirnya akan membuat Anda kurang fokus pada pekerjaan. Berikut lima trik dari Smart Mama bagaimana menghadapi hari Senin agar lebih menyenangkan bagi Anda, Mams:
  • Bangun lebih awal. Menurut penelitian, bangun pagi dapat membuat Anda merasa optimis. Bahkan ahli biologis dari Harvard, Christoph Radler, menemukan kalau mereka yang bangun pagi cenderung akan lebih produktif. Dan bangun lebih pagi di hari Senin akan menghindari Anda dari stres.
  • Siapkan pakaian terbaik. Pilih pakaian terbaik Anda untuk hari Senin. Hal tersebut dapat memberikan rasa percaya diri sepanjang hari. Pakaian berwarna merah atau violet juga dipercaya dapat menambah energi. Atau pilih pakaian bewarna hijau atau kuning untuk meningkatkan rasa bahagia.
  • Dengarkan musik. Selama perjalanan menuju ke kantor, coba pasang musik yang upbeat, hindari musik bernada melow. Mendengarkan musik akan mengalihkan Anda dari kemacetan dan suara klakson yang membuat stres di pagi hari. Musik juga dapat memompa semangat Anda lho, Mams. Para peneliti dari University of Missouri juga menyatakan bahwa musik bernada dan lirik yang ceria mampu meningkatkan mood dan rasa bahagia.
  • Positif thinking. Bersikaplah optimis bahwa hari Anda akan berjalan dengan baik. Pikiran positif seringkali dapat menimbulkan kegembiraan dan menjauhkan Anda dari stres. Menurut survei, 90 persen orang sukses diketahui sangat baik dalam mengelola emosinya. Mereka tak mudah merasa cemas dan panik tapi lebih mendahulukan pikiran positif.
  • Buat rencana menyenangkan. Susun rencana menyenangkan selepas jam kerja bersama para sahabat. Tak perlu yang heboh, cukup buat suasana menyenangkan seperti makan malam atau nonton bioskop sudah cukup ampuh membuat suasana hati terjaga sepanjang hari. (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares