Education

Pentingnya Community Service bagi Balita

By  | 

Belakangan ini banyak sekolah yang mengadakan kegiatan community service yakni kegiatan pelayanan secara langsung pada masyarakat yang membutuhkan, tak hanya materi saja namun bisa juga pelayanan terhadap orang sakit atau orangtua. Biasanya program ini diadakan bagi anak dengan usia lebih besar. Namun ternyata community service juga dapat ditanamkan pada balita lho, Mamas. Selain membantu masyarakat yang membutuhkan, program ini juga kaya manfaat bagi Si Kecil sendiri, apa saja manfaatnya dan apa kegiatannya? Yuk simak!

Manfaat Community Service bagi Balita

  • Menumbuhkan rasa tanggung jawab. Kegiatan community service menuntut komitmen tinggi termasuk ketepatan waktu dan menghasilkan sesuatu yang berguna.
  • Toleransi. Pada umumnya kegiatan tersebut memang diperuntukkan bagi mereka yang kurang beruntung. Hal ini dapat menumbuhkan rasa toleransi dan empati pada anak.
  • Pengorbanan. Yes Mams, kegiatan ini juga membuat Si Kecil belajar akan arti pengorbanan. Saat melakukannya tentu ia harus mengurangi waktu bermain. Ditambah lagi jika Anda memberikan sumbangan pada yang membutuhkan dengan menggunakan tabungan Si Kecil berarti ia juga harus mengurangi jatah membeli mainan atau pakaian.
  • Dapat menentukan minat Si Kecil. Kegiatan community service memang sangat beragam dan dapat dilakukan di berbagai tempat. Hal ini dapat membuat anak menemukan aktivitas juga tempat yang disukainya. Dengan begitu ia bisa saja sudah memiliki ketertarikan pada bidang tertentu sejak kecil.

Kegiatan Community Service untuk Balita

Aktivitas community service Si Balita tentu berbeda dengan anak yang sudah lebih besar. Kegiatan untuk mereka tentu lebih ringan dan mudah dilakukan seperti:

  • Donasi baju dan mainan. Minta ia memilih baju dan mainan yang sudah tidak terpakai dan memberikan lamgsung pada tetangga atau kerabat yang membutuhkan.
  • Membagikan makanan. Hal ini juga bagian dari community service. Kunjungi panti asuhan dan minta Si Kecil membagikan makanan pada mereka.
  • Membersihkan sampah di lingkungan tempat tinggal Anda. Bawa kantung sampah dan bersihkan sampah di area tempat tinggal Anda bersama Si Kecil. Ia pasti akan puas dan bahagia melihat lingkungan rumah yang bersih karena hasil kerjanya. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares