Mind

Keuntungan Mendengarkan Musik saat Hamil

By  | 

Mamas to be, ketika hamil sebaiknya Anda sering mendengarkan musik ya. Pasalnya menurut beberapa penelitian mendengarkan musik kaya manfaat baik untuk calon mama maupun janin dalam kandungannya. Apa saja keuntungannya dan jenis musik seperti apa yang dianjurkan?Yuk simak!

  • Mereduksi stres. Yes Mams to be, musik memang dapat membuat hari Anda lebih ceria. Apalagi saat hamil, perubahan hormon menyebabkan Anda merasa kurang enak badan juga kerap mengalami mood swing. Mendengarkan musik dipercaya dapat membuat Anda merasa lebih nyaman, Dengan begitu Anda jauh dari stres.
  • Lebih mudah tidur nyenyak. Banyak wanita hamil yang kesulitan tidur nyenyak. Konon mendengarkan musik dapat membuat Anda lebih relaks lho Mams dan mudah tertidur nyenyak.
  • Membuat Si Janin relaks. Efek relaks dan nyaman yang Anda rasakan juga dirasakan bayi dalam kandungan Anda, lho. Menurut para ahli sejak dalam kandungan bayi juga bisa stres lho Mams. Dan mendengarkan musik dapat membuatnya calm down.
  • Stimulasi pendengaran juga perkembangan otak. Mendengarkan musik juga bermanfaat untuk menstimulasi pendengaran Si Kecil juga perkembangan otak. Menurut Wilfried Gruhn, Profesor musik asal Jerman, mendengar musik dapat menstumulasi struktur otak serta aktivitas di area otak sehingga perkembangannya menjadi lebih baik.

Jenis Musik yang Dianjurkan
Menurut dr. Oz, sebaiknya calon mama mendengarkan berbagai jenis musik yang eksis, tak hanya jenis musik tertentu misalnya jazz atau klasik. Hal ini berguna agar Si Kecil mengeksplorasi berbagai jenis suara yang ditimbulkan dari sebuah musik. Juga membantu menghubungkan sel saraf satu dengan yang lain.
Dan biasanya para calon mama sendiri memiliki mood tersendiri dalam hal aliran musik, simak kisah mereka yuk.

“Saat hamil anak pertama dulu, saya yang biasanya menyukai musik pop atau jazz mendadak suka musik rock. Jadilah setiap pagi saya memasang lagu-lagu Metallica dalam perjalanan ke kantor.”
Mia, 33 tahun, mama dari Aiden, 7 tahun, dan Amara, 3 tahun

“Kala hamil, saya tidak pernah jauh-jauh dari musik hip hop. Siapapun penyanyinya, setiap ada lagu hip hop rasanya saya ingin ikut bergoyang gembira.”
Gladys, 32 tahun, mama dari Luna, 3 tahun

“Saat hamil dulu, saya punya lagu wajib yang harus diputar setiap pagi yakni Other Side of the World dari KT Tunstall. Dan kalau malam saya harus mendengar lagu Dreams dari The Cranberries. Rasanya hari saya sudah lengkap kalau sudah melakukan ritual tersebut, haha, aneh ya..”
Karla, 35 tahun, mama dari Ryu, 8 tahun, dan Radeya, 4 tahun (Karmenita Ridwan/LD/Photo: Istockphoto.com

Shares