Mind

5 Manfaat Me Time dengan Membuat Kerajinan

By  | 

Memang, Mams, banyak cara yang Anda bisa lakukan untuk menghabiskan ‘me time’. Tapi aktivitas satu ini mungkin tak banyak diminati karena terlihat ‘sulit’. Crafting atau membuat suatu kerajinan tangan misalnya merajut, meronce, membuat kartu khusus, mendaur ulang botol minuman, hingga membuat benda-benda cantik seperti bunga dari kertas atau lainnya, ternyata memiliki manfaat yang tak sedikit lho. Ingin tahu apa saja manfaat ‘me time’ dengan crafting? Simak penjelasan Smart Mama berikut.

1. Mengurangi kecemasan. Melakukan sebuah pekerjaan kerajinan akan menuntut Anda untuk menggunakan tangan dan otak untuk  fokus pada benda yang Anda buat. Hal ini membuat Anda berkonsentrasi penuh sehingga melupakan masalah atau hal yang mungkin bisa membuat Anda cemas. Ternyata membuat kerajinan tangan juga bisa mengurangi kadar kecemasan berlebih yang sering dialami para penderita gangguan makanan seperti anorexia.

2. Meningkatkan rasa percaya diri. Banyak penyebab seseorang memiliki rasa percaya diri rendah yang bisa berefek negatif bagi mentalnya. Nah, crafting ternyata bisa membangun tingkat kepercayaan diri seseorang. Ini karena crafting membuat seseorang yang tadinya tidak bisa menyulam lalu jadi bisa membuat taplak meja berhiaskan sulaman bunga cantik, misalnya. Hal ini akan menimbulkan rasa bangga orang tersebut karena sudah bisa menghasilkan ‘karya’ sehingga perlahan-lahan tingkat pedenya pun meningkat nih, Mamas.

3. Mengatasi rasa duka Kehilangan kerabat atau orang tercinta pasti membuat siapapun berduka. Melakukan aktivitas crafting seperti meronce atau membuat aksesori ternyata dapat membantu Anda melepas kesedihan tanpa membuang banyak uang dan tenaga. Daripada Anda menangis terus menerus di tempat tidur, lebih baik berkonsentrasilah pada kegiatan kerajinan tangan yang Anda buat untuk melupakan kepedihan hati Anda.

4. Membantu mengatasi insomnia
. Sulit tidur dan sudah mencoba berbagai cara tapi masih juga belum bisa memenjamkan mata? Coba aktivitas satu ini, Mamas. Mengkristik atau menyulam sebuah bahan yang lembut dan halus ternyata perlahan-lahan bisa membuat tubuh dan pikiran Anda jadi relaks. Hal ini bisa membuat rasa kantuk datang, sehingga Anda pun jadi ingin segera tidur lelap.

5. Meminimalisasi kemungkinan datangnya stres. Sumber dari segala penyakit yang mungkin tidak disadari adalah stres. Oleh karena itu, jauhkan diri Anda dari hal satu ini dengan melakukan aktivitas positif yang salah satunya adalah membuat kerajinan tangan. (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

 

Shares