Beauty & Style

Mengenal Ragam Kuas Make Up (dan Fungsinya)

By  | 

Salah satu faktor pendukung wajah tampil sempurna adalah penggunaan kuas make up yang tepat. Foundation bisa menempel dengan baik, eyeshadow bisa menghias mata dengan cantik, dan blush on bisa tampak natural memerahkan pipi adalah hasil dari penggunaan kuas yang benar. Nah dari sekian banyak kuas make up yang ada di pasaran, Anda hanya perlu memiliki enam jenis kuas yang biasa dipakai untuk tampilan sehari-hari, Mamas.

1. Kuas foundation. Kuas ini bentuknya pipih dan tidak terlalu tebal. Bulunya halus dan tidak lemas, sehingga dapat mengaplikasikan alas bedak secara merata. Mungkin Anda terbiasa menggunakan jemari ketimbang kuas ini. Tapi, Anda hasil pulasan alas bedak dengan kuas ini akan lebih halus dan merata.

kuas foundation

2. Kuas kabuki. Kuas jenis ini biasanya digunakan untuk meratakan area tulang pipi, tulang dahi, dan tulang hidung. Fungsinya membuat setiap sudut terpapar make up dengan baik dan sempurna. Kuas ini umumnya sangat tebal dan berisi. Bulunya cenderung pendek dan membulat di ujung. Cara memakai kuas ini biasanya dengan gerakan melingkar, sehingga sapuannya maksimal dan meninggalkan kesan natural pada wajah.

kuas kabuki

3. Kuas eyeshadow. Kuas jenis ini punya bulu yang pendek, bulat, dan halus. Biasanya dipakai untuk metode blending sehingga antara warna yang satu dan lain bisa tercampur rapi. Meninggalkan tekstur lembut serta alami, sehingga tidak membuat make up terlihat berlebihan.

kuas eyeshadow

4. Kuas concealer. Kuas ini biasanya berukuran panjang dan ujungnya bulat meruncing. Dipakai untuk menutup beberapa bagian kulit di wajah, terutama yang memiliki noda atau berjerawat. Bulunya lembut sehingga menyapu kulit dengan sempurna. Dapat juga digunakan untuk memulas area sekitar mata guna menyamarkan lingkaran hitam di mata.

kuas concealer

5. Kuas eyeliner. Kuas ini biasa disebut juga kuas angle, karena bentuknya asimetris dan meruncing di satu sisi saja. Umumnya tipis dan berfungsi menciptakan sudut atau mempertegas sisi eyeshadow atau eyeliner. Fungsinya memberikan penampilan lebih natural pada alis setelah memakai pensil alis.

kuas eyeliner

6. Kuas blush on. Kuas ini umumnya khusus digunakan untuk memulaskan blush on atau bronzer pada pipi. Ukurannya beragam, mulai dari kecil, medium, hingga besar. Digunakan dengan pulasan vertikal maupun melingkar, sehingga meninggalkan kesan natural dan merata.

kuas blush on

(Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares