Relationship

5 Perhatian Suami Saat Istri Hamil

By  | 
Saat mengetahui istri positif hamil, Anda, para suami, sebaiknya lebih perhatian terhadap istri. Hal ini bertujuan agar istri tidak stres selama menjalani masa sembilan bulan kehamilan. Perubahan hormon yang dialami calon mama memang selalu berubah-ubah. Anda (para suami) bisa lakukan ini agar istri bahagia menjalani kehamilan.

 
1. Ikut merasakan ‘hamil’. Saat hamil akan terjadi perubahan hormonal yang dialami pasangan Anda. Beberapa perubahan yang seringkali terjadi adalah berubahnya suasana hati (mood swings), morning sickness, mual, dan lainnya. Jadi, bersabarlah pada perubahan fisiknya. “Setiap kali saya mual, suami pasti ikut-ikutan ingin muntah. Saya tidak tahu itu beneran atau tidak, tapi entah mengapa saya justru merasa lebih senang melihat ia merasakan apa yang saya rasakan,” ucap mama Riama yang kini hamil 3 bulan.
2. Mencari info seputar kehamilan. Meskipun Anda tidak mengalami kehamilan, Anda masih dapat mencoba memahaminya melalui membaca dan belajar tentang kehamilan. Dengan begitu Anda akan terbiasa dengan perubahan yang terjadi pada istri. “Sejak saya hamil, suami justru yang paling rajin mencari informasi seputar dunia kehamilan. Salah satunya dengan membaca kanal My Pregnancy diwww.smartmama.com lho,” kata mama Sila, yang hamil 5 bulan.
3. Memberi support. Kehamilan, tentu saja menyebabkan istri Anda akan memiliki begitu banyak kekhawatiran. Salah satunya adalah masalah persalinan. Bicarakanlah hal positif dan berikan support agar istri tetap semangat. “Menjelang persalinan saya yang tinggal menghitung hari, jujur saja saya semakin takut. Tapi, suami tak putus menyemangati saya untuk bisa melahirkan secara normal,” cerita mama Kurnia, yang hamil 9 bulan.
4. Menemani ke dokter. Mendampingi istri Anda untuk check-up rutin adalah wajib Anda lakukan. Karena Anda bisa mendapatkan semua informasi langsung dari dokter. Istri pun akan senang karena Anda selalu di sampingnya. “Saya bersyukur jadwal konsul kami ke dokter selalu bisa dilakukan di akhir pekan, sehingga tak pernah sekalipun saya cek ke dokter kandungan tanpa ditemani suami,” tutur mama Edyta, yang hamil 6 bulan.
5.Hadiahi dengan pijatan. Nyeri sendi dan nyeri otot seringkali dialami ibu hamil.  Tak ada salahnya memberinya pijatan untuk meredakan rasa sakitnya. Rasa sayang Anda serta perhatian cukup akan membuat emosi ibu hamil lebih stabil. “Salah satu hal yang membuat saya semakin sayang pada suami, adalah pijatan tangannya yang selalu bisa membuat pinggul saya yang pegal menjadi lebih ‘enteng’, seru mama Reni, yang hamil 4 bulan. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares