Health

Tip Merawat Vagina Si Kecil

By  | 

Berbeda dengan anak laki-laki, alat kelamin gadis kecil Anda cenderung lebih terbuka sehingga lebih sensitif dan lebih mudah dihinggapi penyakit. Oleh karena itu, Anda harus ekstra teliti dalam merawat Miss V Si Kecil. Yuk simak caranya!

  • Bersihkan dengan cara tepat. Saat Si Gadis Kecil selesai buang air baik kecil maupun besar, pastikan Anda membasuh area genitalnya dari arah depan ke belakang guna menghindari vagina Si Kecil terkontaminasi kuman dari area anus.
  • Hindari iritasi. Jangan remehkan sabun atau pembersih yang Anda gunakan untuk membersihkan vagina Si Kecil. Pastikan tisu basah, sabun, losion, minyak, maupun pembersih lain yang bebas alkohol dan unscented atau tanpa parfum. Hal ini guna menghindari iritasi serta infeksi pada area sensitifnya tersebut.
  • Rajin mengganti diapers. Jika Si Kecil masih menggunakan diaper, Anda harus rajin memeriksa apakah popoknya sudah penuh atau tidak. Biasanya Si Kecil sendiri akan merasa tak nyaman sehingga agak rewel. Nah jika sudah begini, jangan ditunda ya Mams, segera ganti popok Si Kecil.
  • Pilih panties yang nyaman. Jika anak Anda sudah tidak menggunakan popok, pastikan Anda memberikan celana dalam berbahan nyaman dan menyerap keringat seperti katun. Lengkapi dengan dua tipe sesuai kebutuhan, beli underwear bermodel boxer saat ia mengenakan rok dan yang bikinis saat ia menggunakan celana pendek maupun panjang. Dan jangan lupa menggantinya saat ia selesai beraktivitas.
  • Jaga agar area vagina Si Kecil tetap kering. Setelah selesai membersihkan alat vitalnya, pastikan Anda meneringkan area tersebut dengan menggunakan handuk maksimal. Vagina yang lembap akan menyebabkan timbulnya bakteri serta bau kurang sedap. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: istockphoto.com)

Shares