Beauty & Style

Q&A : Kosmetik Aman Untuk Ibu hamil

By  | 
Q: Saat ini saya tengah hamil trimester pertama dan mulai takut dalam memakai kosmetik. Yang ingin saya tanya kosmetik apa saja yang tidak aman dan berbahaya bagi Ibu hamil? 
Sara, 28 tahun, hamil 3 bulan
A: Memang saat hamil sebaiknya Anda memilih produk aman, karena ada beberapa produk kosmetik yang berbahaya untuk janin.  Jika Anda tengah melakukan perawatan kecantikan kulit dan muka sebelum hamil, konsultasikan lebih dahulu pada dokter kandungan dan kulit mengenai bahan kosmetik yang Anda gunakan.Pilihlah produk kosmetik yang terdaftar pada BPOM. Hindari juga memilih dan menggunakan kosmetika yang mengandung bahan-bahan berbahaya seperti :
1. Hidroquinon. Bahan kimia ini tidak aman dan berbahaya untuk digunakan baik sebelum maupun saat hamil karena bisa menyebabkan kanker dan mengganggu pertumbuhan janin. Hidroquinon terdapat pada krim pemutih dan obat penghilang bekas luka.
2. Asam salisilat (beta hidroxy acid). Zat kimia ini banyak ditemukan pada produk anti penuaan, obat jerawat, pembersih, atau lotion. Penggunaan asam salisilat (beta hidroxy acid) dalam dosis rendah masih cukup aman dan diperbolehkan, namun pada dosis tinggi dikhawatirkan bisa menyebabkan cacat janin.
3. Retinoid (vitamin A). Retinoid banyak terdapat pada masker wajah dan krim anti jerawat. Bahan kimia ini berbahaya bagi janin.
4. 1,4 Dioksana. Bahan kimia satu ini biasanya banyak terdapat pada produk kosmetik pelembap. Zat ini juga tidak aman dan berbahaya untuk digunakan pada masa kehamilan.
5. Phthalates atau Ftalat. Bahan kimia ini adalah pengharum kosmetik dan lotion. Ciri kosmetik yang memakai phthalates adalah berbau tajam. Ini termasuk dalam bahan kimia yang harus dihindari untuk digunakan saat hamil.
6. Merkuri. Bahan kimia kosmetik yang mengandung merkuri biasanya banyak terdapat pada sebagian produk pemutih. Ciri kosmetik yang menggunakan merkuri adalah kulit tampak berwarna kemerahan di bawah sinar matahari setelah pemakaian, terkadang menimbulkan iritasi pada awal pemakaian.
Lebih baik, pada saat masa kehamilan, Anda memilih perawatan kecantikan alami seperti madu, bengkoang, dan sebagainya ketimbang terlalu banyak menggunakan aneka produk kosmetik yang mengandung banyak bahan kimia yang bisa saja berbahaya bagi janin. Biasanya kosmetik yang Anda gunakan sebelum hamil belum tentu cocok digunakan saat hamil. Hal ini disebabkan karena perubahan hormon yang cukup signifikan. Jika Anda tidak mengalami masalah dengan wajah atau kulit secara umum, ada baiknya hentikan sementara waktu. Namun, jika Anda ingin tetap menggunakannya, perhatikan baik-baik kualitas keamanannya, ya Mams. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares