Mind

Selebriti & Face App Challenge, Haruskah Khawatir dengan Isu Privasi?

By  | 

#AgeChallenge dan #FaceAppChallenge viral sekali beberapa hari belakangan ini ya, Mams? Ada lebih dari 10.000 postingan hanya melalui akun Instagram yang sudah ikut berpartisipasi, bahkan celebrity parents beramai – ramai melakukannya. Nah, bagaimana degan Anda?

Carrie Underwood

Mama dari dua orang anak Isaiah (4) dan Jacob (5 mos) ini mengunggah foto hasil #AgeChallengenya melalui akun Instagram bersama sang suami, Mike Fisher. Karena semua orang melakukannya, maka Ia pun mengikuti tantangan viral di linimasa tersebut.

View this post on Instagram

Everybody’s doing it…🤷‍♀️ @mfisher1212

A post shared by Carrie Underwood (@carrieunderwood) on

Heidi Klum

Sementara itu, mantan model internasional Heidi Klum sengaja mengunggah foto #AgeChallenge bersama suami Tom Kaulitz dengan caption ungkapan sayang hingga usia lanjut.

Boyband Nsync

Rumor yang mengatakan bahwa akan segera diadakan tur reuni boy band asal Amerika Serikat Nsync dan sedang menunggu jawaban Justin Timberlake – berujung pada unggahan foto #AgeChallenge oleh salah satu personilnya, Lance Bass. Dengan caption “When we finally reunited”, unggahan ini mendapat banyak reaksi lucu terutama dari para fans.

Gordon Ramsay

View this post on Instagram

Me doing a demo on #MasterChef Season 50….

A post shared by Gordon Ramsay (@gordongram) on

Chef sekaligus papa dari 5 orang anak ( Matilda Ramsay, Jack Scott Ramsay, Megan Ramsay, Holly Anna Ramsay, Oscar Ramsay) ini berbagi unggahan #AgeChallenge dengan celetukan “Season 50” dari acara yang dibawakannya melalui layar kaca, Masterchef. Hampir semua selebriti menikmati hasil prediksi wajah yang mulai menua melalui aplikasi Face App.

Haruskan kita khawatir dengan isu pengambilan data pribadi?

Aplikasi yang viral ini tidak hanya digandrungi oleh sebagian penduduk Indonesia & dunia, tetapi pihaknya juga menghadapi isu privasi data pengguna yang memanfaatkan apps. Isu ini berawal dari celoteh Elizabeth Potts Weinstein, pengacara sekaligus founder dari EPW Small Business Law yang bedomisili di San Fransisco, Amerika Serikat yang memberikan peringatan kepada pengguna Face Apps tentang penarikan data pribadi termasuk email, website yang terkahir dikunjungi, hingga aktivitas harian di smartphone melalui Twitter (17/7/2019).

Namun, hal ini segera diklarifikasi oleh pihak FaceApps. Seperti dikutip dari laman Independent UK, pihaknya memberikan beberapa pertanyaan terkait hal ini. Seperti yang dirangkum oleh jurnalis untuk BBC & The Sunday Times, Chris Stokel Walker melalui akun Twitternya:

Sekalipun isu privasi masih mengintai, tak jarang selebriti dunia maupun lokal yang masih asyik mengunggah foto #AgeChallengenya di media sosial. Well, setelah pernyataan resmi diatas dirilis yang menyanggah viralnya isu privasi diatas, semua kembali ke kebijakan kita untuk memanfaatkan sosial media ya, Mams. Bagaimana menurut Anda? Yuk, tuliskan pendapat di kolom komentar! (Nathalie Indry/KR/Photo: Various)

Shares