Health

Q& A : Mengatasi Masalah Keputihan

By  | 

Q : Belakangan ini saya mengalami keputihan, dengan gejala sering gatal, berlendir, dan sedikit bau. Yang ingin saya tanya, apa yang menyebabkan terjadinya keputihan dan bagaimana cara mengatasinya?
Carol, 28 tahun.

A : Ada beberapa penyebab keputihan, antara lain  jamur, bakteri, virus, dan parasit. Meskipun keputihan memiliki banyak jenisnya,akan tetapi hal itu sangat berbahaya. Anda bisa mencegahnya dengan hal berikut.

1. Gunakan pembalut yang tepat. Saat menstruasi, pilih pembalut yang tepat. Salah  memilih pembalut akan membuat Anda bisa keputihan. Pilihlah pembalut yang menggunakan bantalan kualitas serta berkandungan zat herbal. Dan yang terpenting gantilah pembalut tiap dua jam sekali dalam sehari.
2. Bersihkan Miss V dengan tepat. Selain menjaga kelembapan, yang tak kalah  penting adalah menjaga kebersihan area Miss V yaitu dengan cara teratur dan ketika membersihkan vagina usahakan dari arah depan ke belakang (dari arah vulva ke anus) guna menghindari kuman yang menempel di anus masuk ke vagina.
3. Cara tradisional , dengan saun sirih. Daun sirih memiliki kandungan antioksidan dan anti jamur. Ambil 10 lembar daun sirih yang sudah dicuci kemudian siapkan kurang lebih dua liter air ke dalam panci lalu rebus.  Sesudah direbus dinginkan air rebusan dan basuhkan ke seluruh organ bagian kewanitaan.
4. Hindari stres , olahraga teratur, dan pola makan seimbang. Menghindari diri dari stres dan berolahraga seimbang merupakan salah satu cara yang juga bisa Anda lakukan. Rajinlah minum susu, mengonsumsi sayur dan buah untuk menjaga tidak mudah terkena racun dalam tubuh. (Yosi Avianti/LD/Photo:Istockphoto.com)

Shares