Health

Terlalu Bersih Vs Imunitas Si Kecil

By  | 

Pepatah lama mengatakan bersih pangkal sehat dan semua orang harus menjaga kebersihan agar selalu sehat. Tak heran hal ini membuat para mama yang memiliki bayi pasti akan sangat ekstra menjaga kebersihan lingkungan bayinya agar terhindar dari debu dan bakteri. Bahkan sebagian mama tidak mengizinkan bayinya berdekatan dengan hewan, disentuh orang asing, hingga melarang balitanya bermain di luar rumah karena takut kotor.

Padahal, menurut para ahli, salah satu alasan mengapa asma dan alergi terus meningkat adalah karena lingkungannya yang terlalu bersih. Dan tahukah Anda bahwa hal ini justru dapat meningkatkan risiko alergi dan asma, karena tubuh tidak terekspos cukup baik dengan berbagai alergi dan asma di awal kehidupan.

Menurut Joel Weinstock, MD, kepala gastroenterology dan hepatology, Tufts Medical Center yang juga professor Tufts University, sebaiknya para mama juga tidak perlu terlalu mencemaskan hal kebersihan ini. Menurutnya, sejak abad ke-20, manusia hidup terlalu bersih. Penjernihan air dan pensterilan makanan jadi hal biasa, dan hal itulah yang membuat kita jadi jarang terekspos beragam bakteri di tanah. Padahal hidup terlalu bersih tidak mendukung peningkatan sistem imunitas tubuh.

“Saya kira, jika kita mengambil makanan yang jatuh di lantai rumah dan memakannya, kita tidak akan langsung sakit hanya karena itu. Menjadi sedikit jorok, tidak jadi masalah. Kita perlu sedikit lebih santai,” ujar Joel.

Joel pun menambahkan, agar kita jangan terlalu mencemaskan anak-anak karena kuman atau beragam bakteri yang ada di rumah, hewan peliharaan maupun di halaman, karena risiko yang menyebabkan anak sakit sangat kecil kok, Mamas. “Bahkan bisa jadi sebaliknya, biasa terpapar kuman atau bakteri malah membuat anak lebih sehat. Biarkan anak merasakan dunia sehingga saat ia beranjak dewasa nanti, ia akan lebih jarang sakit,” sarannya.

Jadi Mamas, biarkan Si Kecil bermain di luar rumah selama beberapa jam dalam sehari. Melihat dan menyentuh beragam benda yang ditemuinya di sekitar akan membuatnya gembira, dan juga tetap sehat.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda terapkan pada Si Kecil untuk meningkatkan imun tubuhnya:

  1. Pemberian ASI eksklusif.
  2. Biarkan anak bermain kotor.
  3. Konsumsi makanan bergizi.
  4. Minum yogurt. Produk susu fermentasi seperti kefir dan yoghurt terbukti dapat meningkatkan pencernaan laktosa dan mencegah diare terkait antibiotik. Penelitian juga menyatakan kalau enzim dan mikroba dapat membantu pencernaan, serta isothiocyanate dapat mencegah pertumbuhan sel kanker.
  5. Jangan membersihkan tangan Si Kecil secara berlebihan.
  6. Cukup bersihkan dengan alkohol jika ia terluka atau tergores.
  7. Jangan ragu berbagi makanan dan minuman dengan Si Kecil. Faktanya, air liur orangtua memberi banyak manfaat bagi bayi Anda. Tapi tentunya Anda sedang tidak sakit ya, Mams.
  8. Pemberian antibiotik hanya jika diperlukan, dan sesuai dengan dosis yang disarankan dokter. (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares