Health

Aturan Bersih-Bersih Rumah saat Hamil

By  | 

Mencari asisten rumah tangga (ART) akhir-akhir ini memang sulit ya Mams. Baru saja bekerja, ia sudah minta berhenti, akhirnya Anda yang sedang hamil pun harus turun tangan untuk berbenah sekaligus membersihkan area rumah. Selama kehamilan  dinyatakan baik-baik saja oleh dokter, tidak masalah bagi Anda untuk membersihkan rumah, justru sekaligus berolahraga kan Mams to be. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat Anda melakukannya agar terhindar dari bahaya.

  1. Pastikan Anda membaca label pada cairan pembersih yang akan digunakan. Jika mengandung racun, ada baiknya segera dihindari, apalagi jika ada peringatan berbahaya dalam
    kemasan pemberaih tersebut. Cairan pembersih yang mengandung racun atau toxic dapat menyebabkan iritasi pada mata, hidung, tenggorokan, bahkan paru-paru. Dan karena tidak ada yang dapat menjamin bahwa cairan ini aman bagi janin dalam kandungan Anda.
  2. Pastikan Anda menggunakan sarung tangan. Saat hamil, kulit Anda lebih sensitif apalagi terhadap cairan pembersih yang mengandung aneka zat kimia seperti chlorine, atau deterjen. Oleh karena itu lindungi kulit tangan Anda dengan sarung tangan saat sedang membersihkan area rumah.
  3. Minta pasangan melakukan pekerjaan yang berat. Mengepel atau menjemur pakaian membutuhkan tenaga lebih, selama masa kehamilan, minta suami untuk melakukannya agar Anda terhindar dari kelelahan. Pasangan pasti akan melakukannya dengan senang hati.
  4. Singkirkan sepatu Anda. Berdasarkan penelitian, 85% kuman yang Anda dapatkan di rumah berasal dari sepatu Anda. Maka dari itu, segera singkirkan sepatu Anda dari dalam rumah.
  5. Hindari memindahkan atau menggeser furnitur. Mungkin saja Anda ingin membersihkan rumah semaksimal mungkin, tapi Mams, saat hamil otot-otot dalam tubuh Anda melemah akibat perubahan hormon sehingga Anda tidak diperkenankan  mengangkat barang berat seperi furnitur. Minta suami membantu saat Anda harus mengangkat atau menggesernya.
  6. Buka jendela. Seaman apapun cairan pembersih yang Anda gunakan untuk membersihkan rumah, tetap saja mengandung zat asing yang tak kita ketahui. Untuk itu Anda perlu sirkulasi udara agar tidak terlalu lama menghirup zat tersebut. Buka jendela lebar-lebar selama proses bersih-bersih rumah ya Mams. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: Istockphoto .com)

Shares