Mind

Tip Agar Tak Jadi Si Impulsive Buyer

By  | 

Maraknya mal dan online shop dengan berbagai penawaran promo, terlihat sangat menggiurkan bukan, Mams? Tak heran, Anda rasanya ingin membeli semua barang yang ditawarkan. Hati-hati Mams, jangan sampai Anda jadi impulsive buyer! Berikut beberapa tip dari Smart Mama bagaimana menghindarinya.

  1. Window shopping terdengar sangat menyenangkan ya, Mamas. Namun, dengan Anda jalan-jalan ke mal atau iseng melihat online shop tanpa sebenarnya ada sesuatu yang dicari,  hanya akan membuat Anda tergoda membeli sesuatu yang belum tentu diperlukan. So, kunjungi mal atau online shop hanya jika ada sesuatu yang dibutuhkan saja, dan langsung menuju ke bagian yang memang diperlukan lho. Jangan mampir-mampir ke bagian lain yang ujung-ujungnya nanti hanya akan memenuhi troli belanja Anda nantinya.
  2. Selalu bawa catatan. Jangan lupa membawa list belanjaan yang akan Anda beli. Dan Anda harus disiplin untuk menaati daftar belanja yang sudah Anda buat ya.
  3. Sesekali jalan-jalan di mal untuk menghilangkan penat sih tak dilarang Mams. Tapi tinggalkan saja kartu kredit dan kartu debit Anda di rumah, dan isi dompet Anda dengan uang secukupnya saja ya, Mamas.
  4. Saat akan menyentuh atau meng-klik foto barang online shop, tanyakan dulu pada diri sendiri, apakah Anda memang membutuhkannya? Bila tidak, segera tutup situs tersebut.
  5. Saat akan membayar di kasir, coba lihat kembali barang-barang yang akan dibeli. Kemudian pikirkan, apakah tiap barang yang akan dibeli itu memang dibutuhkan? Bila Anda rasa tidak, segera keluarkan dari troli belanja Anda, dan ke kasir untuk membayar barang yang memang dibutuhkan, tanpa menengok kiri kanan lagi ya, Mams.
  6. Membawa kartu kredit atau kartu debit saat berbelanja memudahkan Anda berbelanja di luar rencana. Karena itu, bayarlah selalu belanjaan Anda dengan uang tunai yang memang sudah disiapkan. Hal ini bisa mengurangi risiko Anda belanja yang tak diperlukan hingga over budget. (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares