Style

Q&A: Mainan Kayu Aman untuk Si Kecil

By  | 
Q : Saya ingin mengenalkan mainan yang terbuat dari kayu untuk anak batita saya. Sebelum saya membeli, apa saja yang harus saya ketahui, agar mainan tersebut aman untuk Si Kecil? 
Indira, 29 tahun, mama dari Crissy, 2 tahun
A : Sekarang ini memang banyak pilihan mainan untuk balita. Dari mulai mainan plastik hingga mainan kayu. Dalam memilih mainan kayu untuk anak, sebaiknya Anda perhatikan hal berikut:
1. Tidak mengandung toxic. Jangan memilih mainan kayu sembarangan karena bisa jadi mainan tersebut mengandung racun yang berasal dari cat warnanya, karena hal ini berbahaya bagi kesehatan Si Kecil. Cara mengetahui cat warna yang digunakan aman atau tidak adalah dari baunya. Jika Anda mencium bau menyengat dari cat warna atau cat pelapis mainan kayu, maka mungkin mengandung zat berbahaya. Sebaiknya pilih mainan yang dilapisi cat air karena paling aman, dan dari warna terlihat semi glossy, karena yang terlalu mengilap (glossy) biasanya menggunakan thinner yang tentu saja tidak aman untuk anak
2. Perhatikan label pada kemasan.Hal lain yang perlu diperhatikan adalah label di kemasan mainan kayu. Mainan kayu yang baik pasti akan mencantumkan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat mainan tersebut. Baca dan perhatikan apakah ada bahan berbahaya yang digunakan. Pilih mainan kayu yang sudah diberi label SNI karena sudah pasti lolos uji dan bahan-bahan yang digunakan tidak mengandung racun.
3. Sesuaikan mainan dengan usia. Mainan kayu dibuat untuk berbagai usia. Oleh karena itu, pilihlah mainan yang sesuai usia Si Kecil karena perkembangan mereka pun bertahap. Misalnya, jangan memilih mainan kayu berbentuk runcing untuk  usia 1-2 tahun karena berbahaya. Berikan mainan yang mengandung unsur edukasi seperti puzzle, mainan kayu angka dan huruf, mainan kayu lego, dan sebagainya. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares