Education

Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris Untuk Anak Usia 3 Tahun

By  | 

Ya, tak ada salahnya mengajarkan bahasa Inggris pada Si Kecil sejak dini. Ingin tahu caranya? Berikut ulasannya, Mams.

1. Vocabulary. Gunakan vocab atau kosakata dalam bahasa Inggris yang umum dan mudah.  Misalnya, belajar tentang anggota tubuh dan panca indera.

2. Short expressions. Gunakan ungkapan bahasa Inggris sederhana secara berulang-ulang setiap hari, sehingga Si Kecil akan terbiass. Misalnya, ungkapan dasar, mulai dari tanya jawab, salam sapa, nama, umur dan ungkapan, seperti,  Sit down nicely!, Sit down please!, Stand up, please!) dan seterusnya.

3. Media yang bervariasi. Jangan menggunakan media yang monoton. Anda bisa gunakan flash card atau gambar, alangkah baiknya menggunakan real things atau video untuk mengajarkan kosakata. Si Kecil akan mudah sekali tertarik terhadap apapun yg ada disekeliling mereka. Jadi, Anda bisa menggunakan gambar-gambar yang Anda tempel di dinding.

4. Songs & Movement.  Ajak Si Kecil bernyanyi dengan lagu-lagu yang menyenangkan dengan menggunakan bahasa Inggris.

5. Story Telling. Selain lagu, story telling juga bisa digunakan dalam proses belajar. Hal ini dilakukan karena anak-anak cepat bosan jika hanya diberikan nyanyian terus-menerus. Anak–anak akan lebih antusias jika mereka mendengar cerita.

6. Games. Permainan juga bisa digunakan dalam pengajaran bahasa inggris. Usahakan permainan yang dilakukan ada movement atau bergerak. Misalnya, Anda mau mengajarkan tentang  buah-buahan. Anda bisa siapkan 4 buah(apple, mango, orange and banana) lalu letakkan di setiap pojok rumah. Lalu beri instruksi pada Si Kecil, “run to the apple, run to the orange,  dan seterusnya. Seru, kan, Mamas!

7. Berikan Reward. Berikan penghargaan pada Si Kecil yang aktif. Misalnya memberi bintang sebagai tanda ia telah berhasil melakukan sesuatu.  (Yosi Avianti/Photo : Istockphoto.com)

Shares