Sex

Q&A: Adakah Posisi Seks untuk Mencegah Kehamilan?

By  | 

Q: Saya dan suami berencana punya satu anak saja. Namun hingga sekarang saya belum juga ikut program KB karena masih bingung memilih yang mana, jadi akhirnya kami melakukan senggama terputus saat bercinta, tapi kami berdua jadi sama-sama kurang puas. Apalagi saya pernah dengar bahwa kemungkinan hamil tetap saja ada bila melakukan cara ini. Apakah ada posisi seks tertentu yang bisa mencegah terjadinya kehamilan?

Emelie, 32 tahun, mama dari Isyana, 1,5 tahun

A: Menurut situs www.beforeplay.org, sebetulnya tidak ada posisi seks tertentu yang bisa menghambat maupun mempercepat kehamilan. Jadi, bila ada yang mengatakan bahwa posisi A bisa memperbesar risiko hamil atau posisi B bisa mencegah Anda berbadan dua, itu adalah mitos belaka. Pada prinsipnya, selama hubungan seks dilakukan saat Anda tengah dalam masa subur dan dokter menyatakan bahwa Anda dan pasangan sehat alias tidak memiliki masalah infertilitas, maka kemungkinan Anda untuk hamil tentu sangat besar.

Seperti yang umum diketahui masyarakat, kehamilan bisa dicegah dengan menggunakan alat kontrasepsi seperti pil, suntik, IUD, atau kondom. Memang, ada sebagian orang yang percaya bahwa senggama terputus bisa dilakukan sebagai upaya pencegahan agar tidak hamil, namun tetap saja risiko kehamilannya tetap tinggi. Jadi, daripada Anda dan pasangan mengalami orgasme yang tidak maksimal, sebaiknya Anda dan pasangan mulai menentukan alat kontrasepsi terbaik apa yang cocok untuk Anda berdua. Pikirkan kelebihan dan kekurangan dari tiap opsi yang ada dan sesuaikan dengan kesepakatan Anda dan suami. Jangan sampai ada salah satu pihak yang merasa tidak puas dengan pemilihan alat kontrasepsi tersebut.

Masih menurut website ini pula, satu-satunya hubungan intim yang tidak berisiko menyebabkan kehamilan tentu saja oral seks alias seks oral. Ini karena Anda dan pasangan tetap bisa mendapatkan orgasme masing-masing tanpa harus terjadi penetrasi yang menyebabkan bertemunya sel sperma dengan sel telur di rahim Anda. Intinya, pilihan ada di tangan Anda ya…(Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

 

Shares