Relationship

Cara Mengatasi Miskomunikasi dengan Pasangan

By  | 

Memang pada dasarnya tidak ada yang sempurna dalam tiap hubungan. Pertengkaran dalam pernikahan adalah hal yang wajar. Justru menjadi ‘bumbu’ agar hubungan Anda semakin kuat, Mams. Biasanya, yang kerap kali terjadi adalah masalah komunikasi. Nah, agar tidak sering terjadi percekcokan, perbaiki segera alur komunikasi Anda dengan beberapa tip berikut.

1. Jangan memendam perasaan. Jika Anda tidak bisa mengungkapkan perasaan pada pasangan, maka akan sulit mewujudkan komunikasi yang efektif. Memang tidak mudah untuk terbuka dan jujur mengenai perasaan Anda, namun kejujuran akan membantu Anda berdua memiliki kualitas hubungan yang lebih baik lagi.

2. Menjadi pendengar yang baik. Dalam sebuah hubungan sangat penting untuk saling mendengar dan mengerti keinginan lawan bicara. Tapi bukan sekadar mendengar, namun fokus pada makna pembicaraan. Semakin Anda bisa saling mendengarkan, semakin baik pula komunikasi yang terbina.

3. Ciptakan komunikasi berkualitas. Padatnya jadwal Anda dan suami dapat membuat intensitas komunikasi pasangan makin berkurang. Untuk itu, cobalah sisihkan waktu sekitar 15-20 menit tiap hari untuk benar-benar melakukan diskusi tentang apapun. Menjadwalkan waktu untuk berkomunikasi dengan pasangan adalah langkah penting  membuat komunikasi tetap hidup.

4. Jangan terlalu cepat menyimpulkan. Biasanya komunikasi terhambat ketika salah satu dari Anda salah menyimpulkan perkataan pasangannya. Ketika sudah begitu, biasanya langsung emosi dan berpikir negatif, kan? Padahal apa yang disampaikannya belum tentu sesuai pemikiran Anda. Jika Anda belum jelas atau ragu dengan perkataan pasangan sebaiknya tanyakan kembali, tanpa langsung menyimpulkan hal negatif ya, Mams. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares