Health

7 MPASI Sehat untuk Bayi

By  | 

Mams, saat Si Kecil sudah mulai menginjak usia enam bulan ke atas, maka inilah waktunya Anda memberikan MPASI dengan tekstur dan rasa yang bervariasi. Anda bisa coba beberapa makanan berikut ini, Mams. Selain mudah dalam membuatnya, juga menyehatkan.

1. Labu Kuning
Merupakan sumber vitamin A dan C, dengan tekstur lembutnya, bayi pasti menyukainya. Sebaiknya Anda tidak mencampur dengan makanan lain, karena bayi sangat menyukai rasa yang alami.

iStock_000065353863_Small

2. Sayuran Hijau
Sayuran hijau kaya akan zat besi serta folat yang bagus untuk kombinasi makanan bayi. Anda bisa beli bayam yang selalu tersedia di pasar tradisional. Cara memasaknya pun sangat mudah, campurkan pada bubur nasi dan haluskan.

A salad of chinese spinach and heirloom cherry tomatoes.  Shallow dof

3. Brokoli
Brokili adalah jenis sayur yang kaya folat serta kalsium. Agar halus, blender brokoli yang sudah direbus matang. Agar rasa brokoli lebih lezat, Anda bisa campur dengan mashed potato.

shot of sliced green broccoli on white background

4. Alpukat
Alpukat adalah sumber yang kaya lemak tak jenuh. Bahkan, komposisi lemaknya agak mirip dengan ASI. Jadi jangan khawatir jika bayi Anda makan lemak buah berkulit hijau ini. Lemak tak jenuh adalah jenis lemak baik dan bayi memerlukannya untuk perkembangan otak.

iStock_000020506165_Small

5. Daging
Jika Si Kecil sudah tumbuh gigi, berikan ia daging lembut yang sudah dihaluskan. Banyak dari kita tidak berpikir daging sebagai makanan bayi yang khas. Padahal daging adalah sumber seng dan besi. Agar lebih bervariasi tambahkan sayuran yang berbeda serta bumbu, seperti sedikit jahe dan peterseli.

iStock_000018417800_Small

6. Plum
Plum mengandung banyak serat dan dapat membantu meringankan sembelit yang kadang dialami bayi. Haluskan plum dan campurkan dengan sereal atau apel, untuk menambahkan rasa manis alami.

Plum jam in a glass jar on the wooden table

7. Jeruk Mandarin
Jeruk ini tinggi akan vitamin C dan antioksidan. Rasanya yang enak sangat disukai bayi.  Anda cukup memotong-memotongnya karena jeruk bisa langsung dimakan. Atau, peras airnya, masukkan ke dalam botol, lalu berikan pada Si Kecil.

iStock_000058401296_Small (1)

(Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares