Education

Pentingnya Stimulasi di Masa Golden Age

By  | 

Mams, tentu Anda tahu masa emas atau golden age pada usia 0-3 tahun adalah masa di mana kemampuan otak anak untuk menyerap informasi sangat tinggi. Golden age dikenal sebagai masa penting anak yang tidak bisa diulang. Di masa inilah, peran orangtua dituntut mampu mendidik dan mengoptimalkan kecerdasan anak baik secara intelektual, emosional, dan spiritual. Berikut ini adalah tip untuk memberikan stimulasi atau rangsangan pada Si Kecil di masa golden age.

1. Stimulasi yang Anda berikan bisa berupa pengalaman di alam terbuka. Saat berada di luar ruang, anak akan mengamati secara detail. Anda bisa bercerita tetang alam seperti tumbuhan dan binatang. Jawablah pertanyaan Si Kecil dengan bahasa sederhana. Dan pancing beberapa pertanyaan untuk menggugah rasa ingin tahunya.

2. Anak juga belajar dengan mengamati dan meniru Anda. Maka sebagai orangtua, Mamas bisa menstimulasinya dengan menjadi teladan atau contoh bagi anak. Kalau Anda senang membaca, kemungkinan besar anak pun akan demikian.

3. Jangan memberi target pada anak. Jika anak diberi standar harus bisa membaca dan menulis pada usia dini,  tentu ini akan membuat Si Kecil stres. Baiknya, pantau bakat dan minatnya dan berikan support untuk mencapai cita-citanya.

4. Puji Si Kecil saat berprestasi. Berikan reward atas prestasi yang telah ia capai. Misalnya dengan mengajaknya jalan-jalan ke tempat wisata yang belum pernah dikunjungi.

5. Sebagai orangtua, Anda berkewajiban memberi kasih sayang dan rasa aman. Di masa golden age, jika peran orangtua membahagiakan dalam kehidupan mereka, memori ini akan terkenang selamanya dan membawa pengaruh positif saat ia dewasa kelak. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares