Health

6 Buah untuk Membantu Menurunkan Asam Lambung

By  | 

Asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD)  merupakan penyakit yang sangat umum diderita banyak orang belakangan ini. Padahal, jika penyakit ini dibiarkan maka akan berakibat buruk pada kesehatan lambung dan juga tenggorokan. Penyakit asam lambung disebabkan oleh naiknya asam lambung menuju esofagus (kerongkongan) dan menimbulkan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada.

Gejala GERD
Gejala GERD yang dirasakan adalah sensasi rasa terbakar di bagian dada atau nyeri ulu hati yang akan membuat seseorang merasa tidak nyaman setelah mengonsumsi makanan. Mulut serta kerongkongan juga akan terasa tidak enak. Anda juga akan mengalami rasa sakit dan kesulitan saat menelan makanan. Perawatan secara serius akan diperlukan jika gejala GERD muncul secara terus-menerus.

Buah untuk Penderita Asam Lambung
Nah, Mamas, daripada mengonsumsi obat-obatan untuk menurunkan asam lambung, lebih baik Anda mengonsumsi buah-buahan segar berikut untuk menjaga bahkan menurunkan kadar asam lambung. Silakan mencoba ya, Mams.

Pisang
Pisang mengandung kalium yang bermanfaat untuk menyeimbangkan ph di dalam lambung.
 
Pepaya
Buah pepaya mengandung papain atau enzim propeolitik yang mampu meningkatkan sistem pencernaan dengan mengurangi refluks asam pada lambung Anda.
 
Mangga
Mangga merupakan buah yang kaya nutrisi dan juga merupakan anti oksidan dan anti inflamasi alami. Mengonsumsi buah mangga dapat menjaga lapisan perut tetap dingin dan bebas dari asam.
 
Kelapa
Air kelapa berkhasiat mencegah pembentukan asam ekstra di perut Anda.
 
Semangka
Buah yang memiliki banyak air ini tinggi kandungan citrulline asam amino yang membantu tubuh dalam menciptakan amonia. Amonia berguna dalam menjaga tingkat asam dalam tubuh.
 
Mentimun
Tidak berbeda dengan saat Anda menempatkan irisan mentimun pada kelopak mata, lakukanlah hal sama pada perut. Mentimun dapat mengurangi panas tubuh dan mencegah nyeri berputar di perut yang disebabkan oleh kelebihan asam di perut. (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

 

Shares