Tip Manfaatkan Ruang Bawah Tangga

By  | 

Mams, banyak rumah yang memiliki area bawah tangga yang tidak terpakai. Padahal area ini bisa dimanfaatkan sebagai tempat atau ruang untuk menyimpan berbagai perlengkapan rumah tangga. Apa saja yang bisa dilakukan agar ruang bawah tangga bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin? Ini dia beberapa tipnya.

Lemari Pakaian

Jika area bawah tangga Anda cukup luas, manfaatkan dengan membuat lemari pakaian Buah Hati Anda. Untuk material yang akan digunakan bisa disesuaikan dengan keinginan Anda. Pastikan material tersebut awet dan tidak mudah dimakan rayap.

Rak Sepatu atau Sandal

Ruang bawah tangga juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan rak sepatu ataupun sandal. Buatlah rak-rak mini bertingkat sesuai keinginan dan kebutuhan. Misalnya, rak sepatu  tiga tingkat sesuai jumlah anggota keluarga, Anda, suami, dan Si Balita.

Penyimpanan Perkakas 

Maksimalkan area bawah tanga sebagai tempat penyimpanan perkakas, baik perkakas rumah tangga, perkakas pertukangan, ataupun perkakas otomotif seperti kunci pas, kunci ring, dan sebagainya. Atau bisa juga untuk menyimpan payung, jaket, dan jas hujan.

Rumah Pompa 

Ruang bawah tangga juga dapat digunakan sebagai rumah pompa, namun demikian sebaiknya pilih jenis pompa air yang tidak terlalu berisik sehingga tidak menimbulkan kebisingan bagi penghuni rumah.

Kolam Ikan

Pemanfaatan lain adalah, ruang sebagai kolam ikan. Selain mempercantik tampilan interior rumah, kolam ikan juga bermanfaat sebagai sarana relaksasi penghuni rumah.

Kamar Bermain

Jika memungkin ruang bawah tangga juga bisa Anda fungsikan sebagai ruang bermain anak-anak. Anda juga bisa menaruh segala mainan Si Kecil di dalam sana agar terlihat lebih rapi. (Yosi Avainti/Photo:Istockphoto.com)

Shares