Health

Olahraga Di Trimester Pertama

By  | 

Banyak Mamas to be yang khawatir untuk berolahraga saat hamil muda. Padahal jika kehamilan Anda tak bermasalah, olahraga di trimester pertama justru menyehatkan lho. Yuk simak pembahasan Smart Mama berikut.

Manfaat Olahraga di Trimester Pertama
Selain membuat tubuh Anda lebih segar, berolahraga di trimester pertama dapat membuat tidur Anda lebih nyenyak, meredakan nyeri maupun pegal yang kerap dialami oleh wanita hamil. Rutin berolahraga sejak trimester pertama juga dipercaya dapat mempermudah Anda menjalani proses persalinan nantinya.
Di trimester pertama bentuk tubuh Anda memang belum banyak berubah. Tetapi jika Anda rajin berolahraga sejak awal kehamilan, bentuk tubuh Anda akan cepat kembali seperti semula setelah melahirkan Si Kecil. Tak hanya itu, olahraga saat hamil muda juga dapat membuat Anda lebih ceria dan bisa meredakan morning sickness.

Jenis Olahraga yang Aman di Trimester Pertama

  • Jalan kaki. Olahraga satu ini relatif aman untuk dilakukan saat hamil muda. Tak perlu lama-lama Mams, cukup 20 menit setiap harinya. Nikmati udara segar sambil melihat pemandangan dan ajak pasangan menemani Anda berjalan kaki.
  • Yoga. Teknik relaksasi yang diajarkan di kelas yoga dapat membantu Anda menjadi lebih santai dan relaks, serta mudah terlelap di malam hari. Berlatih yoga juga dapat menjadi ‘tabungan’ latihan pernapasan saat Anda
    melahirkan nanti.
  • Low impact aerobic. Yang satu ini juga kaya manfaat, selain membuat Anda lebih cerah, olahraga ini dapat membuat Anda terhindar dari risiko diabetes gestasional. Low impact aerobic juga dapat memperlancar aliran oksigen pada janin Anda. Dan sudah pasti mengencangkan otot serta menjaga kestabilan berat badan.
  • Berenang. Olahraga ini cocok dilakukan mulai dari trimester pertama hingga akhir kehamilan. Berenang dapat menguatkan jantung, mengurangi risiko kram otot, serta tentu saja membuat Anda lebih fresh.
  • Pilates. Olahraga ini juga aman Anda lakukan, Mamas to be. Namun pastikan Anda mengikuti kelas pilates khusu wanita hamil ya Mams. Pilates dapat mereduksi risiko back pain yang seringkali dikeluhkan oleh wanita hamil. Pilates juga menguatkan otot bagian pelvis Anda sehingga dapat memperlancar proses persalinan, serta mempercepat penurunan berat badan paska melahirkan.

Warning: Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan Anda sebelum memutuskan untuk mengikuti salah satu jenis olahraga yang dianjurkan.
(Karmenita Ridwan/LD/Photo: istockphoto.com)

Shares