Health

Yuk Jaga Kesehatan Jantung Anda!

By  | 

Mamas, akhir-akhir ini mungkin Anda sering dikejutkan dengan kabar mengenai orang yang mendapat serangan jantung di usia muda. Saya sendiri mengalaminya, beberapa teman dan kerabat harus berpulang akibat silent heart attack yang dialaminya. Padahal usia mereka relatif masih sangat muda. Berdasarkan survei dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementrian Kesehatan, penyakit jantung termasuk dalam 10 penyakit yang paling mematikan di Indonesia. Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan jantung Anda agar terhindar dari penyakit? Simak tip simpel Smart Mama berikut.
1. Ganti camilan manis Anda seperti cake atau cokelat berlemak dengan buah segar berasa manis alami yakni melon, pepaya, atau pisang. Jika sesekali Anda menginginkannya, tidak masalah Mams, hanya saja batasi porsinya ya. Jika biasanya Anda melahap satu slice kue, kini kurangi menjadi 1/2 atau 1/4 slice saja.
2. Olahraga ringan dengan pasangan seperti jalan kaki, atau dancing pasti seru sekaligus menguatkan jantung. Hindari olahraga yang terlalu berat dan memacu jantung untuk bekerja terlalu keras ya Mams. Saat berolahraga, pelajari batas kemampuan Anda, jika sudah terlalu lelah jangan dipaksakan.
3. Menyalurkan hobi seperti melukis, serta bermain musik dapat membuat Anda relaks dan jantung pun sehat. Sesekali karaoke with the girls juga bisa dijadikan pilihan untuk bersantai dan fun.
4. Jika Anda perokok, sebaiknya mulai berpikir untuk segera berhenti, serta jauhi tempat yang banyak asap rokok. Menjadi perokok pasif juga dapat menyebabkan kesehatan jantung dan paru-paru Anda terganggu.
5. Perhatikan berat badan Anda, sesuaikan dengan Body Mass Index (BMI), jangan sampai kelebihan atau kekurangan. Kestabilan berat badan membuat jantung Anda lebih sehat. Tidak hanya berlaku bagi yang overweight ya Mams, diet berlebihan yang menyebabkan Anda underweight juga bisa memicu permasalahan jantung lho.
6. Berlibur minimal setahun sekali.  Ajak pasangan dan keluarga untuk berlibur minimal satu tahun sekali. Suasana baru serta quality time bersama keluarga dapat menyegarkan pikiran dan menghilangkan stres serta penat akan rutinitas yang Anda jalani selama ini. Jantung Anda pun kian sehat. Ditambah pagi, menurut beberapa studi berlibur dapat menimbulkan ide-ide baru yang segar dan inovatif.  (Karmenita Ridwan/LD/Photo: istockphoto.com)

Shares