Health

Vegan Mamas to be? Ini Makanan Tepat untuk Anda

By  | 

Setiap hari, Anda memang harus mengonsumsi seluruh nutrisi seperti karbohidrat, protein baik hewani maupun nabati, vitamin, serta mineral. Terlebih untuk Anda, para calon mama. Dalam menu sehari-hari Anda, harus terpenuhi seluruh unsur zat gizi tersebut untuk mendukung pertumbuhan janin yang sehat di dalam kandungan. Lalu bagaimana bila Anda seorang vegetarian atau vegan yang tidak makan protein hewani? Jangan khawatir, Mamas, Anda tetap bisa menjalani kehamilan yang sehat karena ada beragam jenis tumbuhan yang tak kalah bermanfaatnya untuk Anda dan Si Janin. Apa saja makanan itu? Simak pembahasan Smart Mama.

1. Blueberi. Kaya akan berbagai nutrisi penting, termasuk antioksidan tinggi dan bisa membantu menjaga kesehatan Anda dan janin. Buah berwarna biru keunguan ini bisa memenuhi kebutuhan karbohidrat dan energi, memiliki kandungan vitamin A, K, potasium, dan sedikit kalsium. Selain langsung dimakan, blueberi juga enak lho dijadikan campuran dalam sereal atau dibuat jus yang segar.

2. Nasi merah.Di Indonesia, nasi merah termasuk populer di kalangan mereka yang mulai menerapkan pola hidup sehat. Disamping mengandung serat tinggi, nasi merah tentu saja salah satu sumber karbohidrat yang baik. Nutrisi penting lain yang ada di dalamnya adalah vitamin B, magnesium, potasium, selenium, dan kolin yang berguna untuk membantu perkembangan otak Si Calon Bayi.

3. Kacang Kacangan. Kacang merupakan tumbuhan dengan kandungan omega-3 yang tinggi dan sangat baik untuk ibu hamil. Omega-3 diperlukan Mamas to be karena baik untuk membantu perkembangan sistem saraf dan penglihatan janin. Nutrisi lain dalam kacang adalah serat, vitamin E, lemak sehat, dan magnesium. Anda bisa menyediakan kacang seperti almond, mede, pistasio, atau kenari di rumah atau kantor, sebagai camilan sehat ya.

4. Oats. Mengandung protein, serat, karbohidrat kompleks, serta zat besi yang sangat tinggi. Seperti Anda tahu, ibu hamil rentan anemia, sehingga mengonsumsi makanan berzat besi tinggi akan menghindarkan Anda dari risiko penyakit ini. Bila selama ini Anda kurang suka makan oatmeal, coba untuk membuatnya lebih nikmat dengan menambahkan campuran buah atau sedikit cokelat ke dalamnya.

5. Alpukat. Buah berkulit hijau kecokelatan ini memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil. Kandungan asam folat di dalamnya berguna untuk menghindari cacat pada otak bayi. Kandungan serat di dalam alpukat juga bisa mengatasi masalah sembelit atau konstipasi yang sering dialami para calon mama. Tak hanya itu, alpukat yang memang sering dijadikan bahan dasar produk kecantikan memang bisa membantu mencegah wajah kusam, sebagai akibat perubahan hormon saat hamil yang berpengaruh pada kadar sensitivitas kulit. (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

 

 

Shares