Parenting

Tumbuhkan Jiwa Nasionalime Sejak Dini

By  | 

Mamas, globalisasi serta era digital semakin menggeser rasa nasionalisme pada Si Kecil akibat membanjirnya budaya dari luar negeri yang cukup agresif. Tetapi, jangan khawatir Mams, asalkan konsisten, Anda masih bisa kok menumbuhkan rasa cinta tanah air pada anak. Yuk ikuti tip Smart Mama berikut.

Kenali Leluhur

Tak ada salahnya jika sesekali Anda mengajaknya  berbincang santai dan menceritakan silsilah keluarga dan tanah leluhur Anda. Cara termudah membicarakan sejarah adalah dimulai dengan sejarah diri sendiri terlebih dahulu. Ajak anak mempelajari silsilah keluarga Anda dan pasangan dengan cara santai sambil bermain. Si Kecil pasti tertarik. Perkenalkan juga Si Kecil pada sejarah pahlawan nasional.

Pentingnya Bahasa Indonesia

Dewasa ini, saya banyak menemukan anak-anak yang sekolah di sekolah internasional lancar berbahasa Inggris sejak kecil. Tetapi ironisnya ia justru kurang lancar berbicara dalam bahasa asalnya sendiri. Padahal, kedua orangtuanya asli Indonesia. Memang tidak dapat dimungkiri, bahasa Inggris sangat krusial untuk masa depan Si Kecil, tapi bahasa leluhur juga tidak kalah penting lho Mams. Bahasa Indonesia adalah bagian dari  identitas Si Kecil. Maka dari itu Mams, ajak ia berkomunikasi dalam bahasa Indonesia di rumah. Bila perlu, ajak juga ia untuk sedikit mempelajari bahasa daerah.

Cintai Produk Dalam Negeri

Selipkan batik atau baju daerah lain dalamkoleksi pakaian Si Kecil, dan tanamkan rasa bangga saat ia menggunakannya. Perkenalkan juga ia dengan aneka hidangan asli Indonesia yang sangat beragam. Selain menanamkan nilai nasionalisme, makanan asli Indonesia juga lebih sehat dibandingkan dengan beragam junk food yang kian menjamur.

Berlibur di DalamNegeri

Jika biasanya Anda mengajak Si Kecil berlibur ke negara tetangga atau benua lain, kini saatnya Anda dan keluarga merencanakan menikmati keindahan yang beragam di tanah air. Kunjungi tempat eksotis seperti Danau Toba atau menikmati indahnya pantai di Lombok pasti memberi warna tersendiri bagi keluarga Anda. Jika ingin sedikit berpetualang, pulau Komodo dapat dijadikan pilihan. Si Kecil juga bisa sekaligus mempelajari lebih dalam tentang dunia pariwisata tanah airnya.

Permainan Tradisional yang Seru

Singkirkan gadget Anda dan ajak Si Kecil bermain permainan tradisional yang seru seperti ular naga, petak umpet, congklak, atau main karet. Selain seru permainan tradisional juga lebih banyak melibatkan fisik sehingga akan jauh lebih sehat daripada Si Kecil hanya bermain gadget seharian. Jangan lupa setiap hari kemerdekaan, libatkan Si Kecil untuk mengikuti lomba untuk anak seusianya seperti makan kerupuk atau membawa kelereng dalam sendok. Menang atau kalah tak masalah, yang penting Si Kecil merasakan atmosfer perayaan 17 Agustus-an.

Selamat Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-70, Mamas! “Internasionalisme tidak dapat hidup subur, kalau tidak berakar di dalam buminya nasionalisme. Nasionalisme tidak dapat hidup subur, kalau tidak hidup dalam taman sarinya internasionalisme.”- Soekarno (Karmenita Ridwan/LD/Photo: istockphoto.com)

Shares