Mind

Yang Harus Dilakukan di Trimester Kedua

By  | 

Mamas to be, trimester kedua adalah masa yang relatif aman dan nyaman dibandingkan trimester pertama dan ketiga. Di masa ini, pada umumnya morning sickness telah usai, dan Anda sudah beradaptasi dengan kehamilan. Oleh karena itu, pada periode ini banyak aktivitas yang dapat dilakukan sebelum memasuki trimester ketiga di mana Anda sudah harus berkonsentrasi dan fokus pada kelahiran Si Bayi. Aktivitas apa sajakah itu? Yuk simak rekomendasi Smart Mama berikut.

  • Mengetahui jenis kelamin. Di trimester kedua biasanya Anda sudah bisa mengetahui jenis kelamin Si Kecil, namun ini terserah Anda dan pasangan. Apakah ingin mengetahui gender Si Bayi atau nantinya menjadi kejutan saja. Anda berdua dapat berkomunikasi tentang hal tersebut dengan dokter kandungan.
  • Memilih olahraga tepat. Nah, karena tubuh Anda sudah lebih nyaman, kini saatnya Anda berolahraga agar tubuh kian bugar serta kencang. Rekomendasi Smart Mama adalah yoga dan berenang, karena selain menjaga kesegaran tubuh, kedua olahraga ini juga dapat membuat Anda lebih relaks.
  • Babymoon time! Trimester kedua adalah saat terbaik bagi Anda dan pasangan untuk babymoon. Tidak perlu bepergian terlalu jauh, pilih saja tempat yang relatif dekat namun Anda dan pasangan bisa quality time serta bersantai sebelum menyambut kelahiran bayi Anda nantinya. Pastikan juga tempat tersebut aman untuk wanita hamil ya Mams. (Baca: 3 Rekomendasi Tempat untuk Babymoon)
  • Memilih nama bayi. Meski belum menentukan satu nama, namun ini saat yang tepat untuk mulai membuat list nama dan berdiskusi dengan pasangan tentang nama Si Kecil. Buat dua list berdasarkan gender ya Mams.
  • Shopping! Tak ada salahnya Anda mulai mencicil belanja keperluan Si Kecil. Buatlah list barang yang diperlukan, dan konsultasikan dulu pada teman atau kerabat apa saja barang-barang yang betul-betul diperlukan, jangan sampai Anda membeli baby stuff yang sebetulnya kurang dibutuhkan, sayang kan, Mams?
  • Nanny atau day care. Di masa ini, Anda memang sudah harus mulai memikirkan siapa yang akan mengurus Si Kecil nantinya, apalagi jika Anda ibu bekerja. Teliti terlebih dahulu dan bandingkan apa Anda dan pasangan lebih cocok menggunakan jasa nanny atau menitipkan anak di day care.
  • Mempersiapkan Si Kakak. Jika Anda sudah memiliki anak, ini saat yang tepat untuk mengajaknya berbincang mengenai bayi yang Anda kandung dan menjelaskan perannya sebagai seorang kakak.
  • Menulis diary atau membuat scrapbook. Jika Anda tak sempat melakukannya di trimester pertama akibat perubahan hormon yang membuat tubuh Anda terasa kurang nyaman, kini saatnya Anda membuat memorable book yang berisi tumbuh kembang Si Kecil serta apa yang Anda rasakan saat hamil. Jangan lupa, tambahkan potongan foto ya Mams.
  • Mulai berkomunikasi dengan Janin. Pada masa ini biasanya Anda sudah dapat merasakan gerakan Si Kecil meskipun belum nyata benar, tapi tanda-tanda kehidupan di dalam rahim Anda mulai terasa. Ini saatnya Anda mulai mengajaknya ngobrol atau sama-sama mendengarkan musik.
  • Mendekor nursery. Aktivitas yang satu ini juga seru ya Mams, segera diskusikan pada pasangan tema apa yang Anda pilih untuk kamar Si Kecil. Kemudian, berkonsultasi dengan interior designer agar desain kamar bayi Anda lebih maksimal. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: istockphoto.com)

Shares