Health

Tingkatkan Konsentrasi Si Kecil dengan 5 Nutrisi Ini

By  | 

Pada umumnya, orangtua menginginkan buah hatinya tumbuh sehat dan cerdas. Apakah Anda termasuk mama yang seperti itu, juga? Nah, selain rajin belajar, Si Kecil perlu mengonsumsi makanan bergizi untuk membantu daya konsentrasinya sehingga ia bisa meraih prestasi di sekolah. Nutrisi apa saja yang dibutuhkan oleh otak Sang Buah Hati ya? Simak yuk, Mamas.

sliced bread

Sliced Bread

1. Karbohidrat. Agar anak lebih konsentrasi saat belajar di sekolah, berikan ia makanan yang mengandung karbohidrat saat sarapan atau sebagai bekalnya. Anda bisa bawakan Si Kecil roti gandum, sereal, atau kentang goreng buatan sendiri.

 

Fresh Water Melon

2. Buah. Jika tubuh kekurangan air, maka dapat mengurangi aliran oksigen ke otak sehingga daya konsentrasipun akan buyar dan tidak fokus. Selain berasal dari air putih, sekitar 20 persen asupan cairan berasal dari makanan. Si Kecil dapat mengonsumsi buah-buahan berkandungan air tinggi seperti semangka, mentimun, melon, jeruk, dan stroberi.

 

grilled salmon fillet with avocado sauce and nachos

Grilled Salmon Fillet with Avocado Sauce and Nachos

3. Omega 3. Asam lemak esensial ini banyak terdapat pada salmon, udang, kerang, telur, susu sapi, dan juga yogurt. Zat gizi ini penting untuk perkembangan otak dan mata Si Kecil. Anda dapat membuat salmon fillet panggang atau buah-buahan yang dipotong dan dicampur dengan yogurt.

iStock_000042711596_Small

Pancake Banana

4. Kolin merupakan zat gizi yang sangat penting untuk perkembangan otak. Kolin banyak terdapat pada kuning telur, kacang-kacangan, kubis, brokoli, dan daging sapi. Untuk mendapatkan makanan kaya kolin, Anda dapat meracik orak-arik telur, pancake, serta sajian mie dengan campuran telur dan sayuran.

iStock_000065971399_Small

Smoothies

5. Antioksidan. Antioksidan tak hanya baik untuk kulit, akan tetapi juga sangat penting untuk tingkatkan fungsi otak. Buah-buahan seperti jeruk, stroberi, apel, papaya, dan blueberi memiliki warna cerah dengan kandungan antioksidan cukup tinggi. Anda dapat memberikannya pada Si Kecil dalam bentuk smoothies buah ataupun roti panggang plus selai kacang dengan tambahan buah-buahan. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares