Education

Tip Agar Si Kecil Mau Mendengar

By  | 

Mamas yang memiliki anak balita tentu pernah mengalami hal satu ini. Anda sudah menyuruhnya untuk melakukan sesuatu tapi tetap saja ia pura-pura tidak mendengar dan cenderung cuek. Bagaimana ya cara agar ia bersedia mendengarkan Anda? Simak tip Smart Mama.

Kalimat Ajakan

Si Kecil rentang usia 3-5 tahun, terkadang tidak bisa mengikut ucapan orangtua, terutama saat Anda menyuruhnya  membereskan mainan. Coba Anda gunakan kalimat ajakan seperti “Sayang deh kalau mainanmu berantakan di mana-mana. Kita bereskan yuk, Nak!” Ingat, anak tak mau diperintah.

Gunakan Kalimat Pendek

Kata-kata yang diucapkan sebaiknya pendek atau sederhana. Tidak terlalu berpanjang-panjang apalagi berbelit-belit. Semakin bertele-tele, maka anak akan semakin menutup telinganya.

Tunggu Moment

Tunggu momen yang tepat. Perhatikan, apakah Si Kecil tengah asyik dengan kegiatannya? Kalau ya, mungkin percuma saja mengajaknya bicara. Lebih baik tunggu dulu sejenak, sampai setidaknya ia sudah menyelesaikan aktivitasnya. Kadang, sulit mengalihkan perhatian anak dari hal yang sedang ditekuninya.

Kata “Tolong”

Berbicaralah kepada anak dengan cara seperti yang Anda harapkan jika orang lain berbicara kepada Anda. Jika hendak minta bantuan, yang pertama kali harus diucapkan adalah “tolong”, bukan? Dengan begitu anak tak merasa dipaksa saat diperintah. Sekaligus orangtua juga mengajari anak bersikap santun.

Berikan Contoh Baik

Jika anak merasa dirinya didengar, maka ia pun akan belajar mendengarkan kita. Berilah contoh  dengan memberi perhatian yang tulus saat Si Kecil berbicara. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares