Parenting

Bila Si Kecil ‘Jago Kandang’

By  | 

Di rumah Si Kecil sangat ceria, cerdas, kritis, bahkan ceriwis. Namun saat keluar rumah dan bertemu dengan orang banyak mendadak, ia jadi pendiam dan pemalu, ada juga yang cenderung menjadi galak dan judes. Atau justru sebaliknya, di rumah ia cenderung negatif seperti sering membangkang. Tapi di luar rumah ia mendadak menjadi manis dan penurut. Banyak orang menyebutnya sebagai ‘jago kandang’. Mengapa Si Kecil bersikap demikian dan bagaimana mengatasinya? Yuk simak!

Penyebab Anak ‘Jago Kandang’
Biasanya anak menjadi ‘jago kandang’ karena dua hal yakni faktor internal dan eksternal. Faktor internal berkaitan dengan kepribadian Si Kecil sendiri. Tidak semua anak memiliki kepribadian sama. Ada yang mudah beradaptasi, ada juga yang butuh pemanasan terlebih dahulu baru dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan luar rumah. Bisa juga karena kondisi di rumah terlalu nyaman sehingga saat di luar rumah, ia merasa kurang nyaman.
Faktor eksternal berkaitan dengan pola asuh. Orangtua yang terlalu otoriter dapat menjadi pemicu anak ‘jago kandang’, karena saat di rumah ia menjadi penurut dan di luar rumah ia merasa bebas tanpa aturan sehingga sikapnya berbeda. Sebaliknya anak yang terlalu dimanjakan juga berpotensi untuk ‘jago kandang’. Saat orang di luar rumah tidak dapat mengikuti keinginannya, ia menjadi tak nyaman.

Cara Mengatasinya
Anda tidak perlu memaksanya langsung dapat beradaptasi dengan lingkungan di luar rumah. Biarkan ia menjadi diri sendiri dengan caranya sendiri tak perlu didikte. Hindari komentar negatif apalagi mentertawakannya ya, Mamas. Sediakan saja waktu membawanya ke lingkungan luar secara rutin agar Si Kecil terbiasa, misalnya mengajak ke playground atau playdate dengan anak seusianya.
Saat berada di luar rumah, buat suasana menjadi lebih santai. Anda sendiri tak perlu terlalu cemas memikirkan bagaimana sikap anak saat bertemu keluarga atau teman-teman Anda. Buat Si Kecil merasa santai dengan sikap Anda yang juga relaks ya Mams.
Ajak ia berbincang santai mengapa ia bersikap demikian dan encourage Si Kecil melakukan sikap yang seharusnya di luar rumah. Tak ada salahnya memberi reward jika ia bersikap baik atau mampu beradaptasi lebih cepat dibandingkan biasanya. (Karmenita Ridwan/LD/Photo:istockphoto.com)

Shares