Interior Design

Ibu Arsitek Persembahkan Pameran 5 Panca Indera untuk Hari Ibu

By  | 

Sebagai bentuk dukungannya kepada para mama, merk cat asal Jepang Nippon Paint, memberikan dukungannya kepada komunitas Ibu Arsitek dalam gelaran Selebrasi 5 Tahun Ibu Arsitek.  Sebuah komunitas yang mewadahi arsitek perempuan yang turut serta dalam mewarnai dunia arsitektur di Indonesia.

Ibu Arsitek memulai perjalanannya pada 22 Desember 2018 di Dia.Lo.Gue Kemang, Jakarta Selatan, bertepatan pada Hari Ibu Nasional, yaitu hari untuk memperingati kongres perempuan Indonesia pertama pada 22 Desember 1928. Selebrasi 5 Tahun Ibu Arsitek merupakan perayaan 5 tahun komunitas Ibu Arsitek untuk memberikan kesempatan bagi para arsitek perempuan Indonesia agar dapat terhubung lebih luas.

Osrithalita Gabriela selaku Event Director ‘Selebrasi 5 Tahun Ibu Arsitek’ mengatakan, “Kami ingin menyoroti pentingnya peran dan dukungan sesama perempuan dan lingkungan terdekat dalam mengatasi tantangan yang dihadapi perempuan di bidang arsitektur di Indonesia. Selebrasi ini bukan hanya menampilkan karya, tetapi juga cerita perempuan Indonesia yang menonjolkan realitas dan kontribusi mereka dalam arsitektur. Konsep pameran ini adalah mengangkat profil perempuan di dunia arsitektur dengan variasi praktik, latar belakang, domisili, dan generasi.”

Kurator pameran, Fauzia Evanindya dan Stephanie Larassati memilih sebelas host pameran yang kemudian melakukan kurasi dan mengumpulkan lebih dari 70 profil perempuan Indonesia di arsitektur, menonjolkan kekuatan, perjalanan, kepribadian, dan kontribusi mereka.

Rangkaian kegiatan Selebrasi 5 Tahun Ibu Arsitek yang berlangsung di Dia.Lo.Gue Kemang, Jakarta Selatan, dimulai sejak 14 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024.  Rangkaian acara ini meliputi pameran, diskusi, lokakarya, dengan puncak acara pertemuan Ibu Arsitek pada 22 Desember. Kegiatan ini merupakan simbol pertumbuhan, transformasi, dan dampak positif perempuan dalam arsitektur.

Melihat positifnya pergelaran Selebrasi 5 Tahun Ibu Arsitek dalam mengapresiasi kontribusi arsitek perempuan di Indonesia, Nippon Paint Indonesia merespon hal itu dan memberikan dukungannya melalui pengecatan instalasi pameran Ibu Arsitek.

“Geliat praktisi perempuan yang terus bertumbuh dan menciptakan karya-karya luar biasa dalam dunia arsitektur di Indonesia, tentunya patut kita apresiasi dan beri dukungan. Untuk itu Nippon Paint Indonesia turut serta dalam kegiatan ini dengan memfasilitasi pengecatan instalasi pameran karya-karya yang mengagumkan dari komunitas Ibu Arsitek,” ujar Mark Liew, selaku General Manager (TU Division) Nippon Paint

Adapun jenis cat yang dipersembahkan oleh Nippon Paint untuk diaplikasikan pada instalasi pameran Ibu Arsitek, yaitu Nippon Spot-less Plus yang diaplikasikan pada area interior pameran. Nippon Spot-less Plus merupakan cat interior premium spesifikasi rumah sakit dengan Teknologi Silver-Ion sebagai cat anti-kuman, yang juga sekaligus dilengkapi dengan Stain Guard dimana noda tidak menempel dan rendah VOC, sehingga sangat aman digunakan untuk keluarga.

“Komunitas Ibu Arsitek sangat berterima kasih kepada Nippon Paint atas dukungan yang telah diberikan pada Selebrasi 5 Tahun Ibu Arsitek. Sehingga melalui kegiatan ini tercipta interaksi langsung pengunjung yang meningkatkan pengalaman keseluruhan dengan sentuhan emosional, serta menjadi pengalaman ‘story telling’ Ibu Arsitek yang dapat menyentuh para penikmat pameran yang hadir,” ucap Osrithalita Gabriela.Senada akan hal itu, Mark Liew menambahkan bahwa Nippon Paint seraya terus berupaya untuk memberikan dukungan-dukungan serta apresiasi terhadap dunia arsitektur di Indonesia, khususnya dalam kesempatan kali ini, penghormatan kepada insan arsitek perempuan Indonesia. Sehingga diharapkan dapat memaksimalkan potensi – potensi luar biasa yang berdampak pada kemajuan dunia arsitektur di Indonesia. Selamat Hari Ibu Hebat Indonesia! (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. Nippon Paint)

Shares