Dorong Pertumbuhan Ekonomi dan Keuangan Syariah, Bank Jago Ramaikan Halal Fair 2023

By  | 

Mengatur keuangan bukanlah hal yang mudah, apalagi dengan banyaknya kebutuhan keluarga. Keterbukaan dan kolaborasi merupakan hal yang penting dalam mengatur keuangan bersama.

Memahami hal ini, PT Bank Jago Tbk, melalui Unit Usaha Syariah (Jago Syariah), menyelenggarakan talkshow edukasi di Halal Indonesia International Trade Show (Halal Fair) dengan tema “Menjadi Sakinah Dengan Keuangan Syariah”. Acara yang diselenggarakan di ICE BSD Tangerang, 8-10 Desember 2023 lalu, diharapkan dapat membantu masyarakat mengatur keuangan lebih tenang dan berkah.

Acara ini turut dihadiri oleh Anggota Dewan Pengawas Syariah Bank Jago Muhammad Maksum, content creator Benazio Rizki Putra (Benakribo), dan Head of Sharia Financing Bank Jago Agung Lesmana.

Pameran dan kampanye akbar produk halal yang diselenggarakan oleh PT Wahyu Promo Citra ini diikuti oleh lebih dari 250 exhibitor dari dalam dan luar negeri, dengan beragam gelaran acara yang memadukan konsep niaga, edukasi, hiburan, dan religi.

Muhammad Maksum meyakini kemajuan teknologi perbankan syariah yang ada saat ini dapat meningkatkan inklusi keuangan syariah. “OIeh karena itu, industri perbankan dituntut untuk efisien. Pada akhirnya, digitalisasi akan memperluas aksesibilitas ke ekosistem keuangan syariah yang lebih luas,” tuturnya.


Benakribo pun turut merasakan manfaat dari kemajuan teknologi perbankan digital ini. “Hadirnya perbankan digital seperti Jago Syariah sangat membantu saya mengatur keuangan secara praktis dengan pasangan. Kami dapat mengalokasi budget sesuai kebutuhan dan juga berkolaborasi bersama menggunakan fitur kantong bersama’’, ujarnya.

Keikutsertaan Jago Syariah sebagai mitra sponsor Halal Fair 2023 merupakan bentuk komitmen Jago Syariah dalam meningkatkan kesempatan tumbuh berjuta insan melalui solusi keuangan syariah digital.

“Dengan mendukung kegiatan tahunan ini (Halal Fair 2023), kami berharap bisa turut berkontribusi dalam pengembangan industri halal nasional, sekaligus meningkatkan inklusi dan literasi keuangan syariah di Indonesia,” jelas Agung Lesmana.

Dia menambahkan, literasi merupakan salah satu faktor utama untuk mempercepat laju ekonomi dan keuangan syariah nasional. Untuk itu, Jago Syariah hadir sebagai layanan perbankan digital yang menghadirkan solusi bagi konsumen untuk mengatur keuangan sesuai dengan prinsip syariah.

“Kami melihat bahwa setiap orang berhak untuk menikmati solusi keuangan digital agar dapat menjalani hidup secara maksimal, bersama keluarga dan teman-teman mereka. Untuk itu, Jago Syariah memberikan kesempatan bagi segmen syariah untuk dapat merasakan inovasi dan fitur layanan bank syariah yang setara kemudahan dan kenyamanannya dengan layanan perbankan konvensional,” ujar Agung.

Terdapat dua pilihan akad bagi nasabah Jago Syariah, yaitu Wadiah Yad Dhamanah dan Mudharabah Muthlaqah. Dengan inovasi dan fitur unggulan, seperti Kantong (rekening) misalnya, Mams dapat mengalokasikan dana sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, Bank Jago dan GoTo Financial berkolaborasi melahirkan produk baru Gopay Tabungan Syariah by Jago. Ini merupakan produk tabungan syariah pertama di Indonesia hasil kolaborasi antara keunggulan bank dengan kemudahan dompet digital.

GoPay Tabungan Syariah by Jago adalah rekening transaksi sehari-hari dengan akad Wadiah Yad Dhamanah, yang menawarkan fungsi dan fitur layanan yang setara dengan Jago konvensional. Bedanya, produk ini dirancang sesuai dengan kaidah dan prinsip syariah yang sudah disetujui oleh Dewan Syariah Nasional (DSN) Majelis Ulama Indonesia.

“Melalui kolaborasi dan terobosan inovasi ini diharapkan tak hanya menjadi preferensi akses bagi masyarakat syariah ke layanan keuangan formal tetapi juga memberikan kesempatan mereka bertumbuh atau naik kelas secara ekonomi,” jelas Agung. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. Jago Syariah)

Shares