Parenting

Mainan yang Dapat Melatih Kesabaran Si Kecil

By  | 

Si Kecil yang belum dapat berkomunikasi dengan baik kerap kali meluapkan perasaannya dengan tantrum. Hal ini dilakukan Si Kecil karena ia belum dapat meregulasi emosinya dengan baik.

Walau begitu, mendiamkan Si Kecil begitu saja dengan sikap emosionalnya juga bukan pilihan yang terbaik. Membantu Si Kecil belajar mengatur emosinya salah satunya bisa dilakukan lewat permainan.
Permainan yang dimaksud disini adalah mainan balok seperti Lego. Apa alasannya?

Berbagai bentuk dan warna – warni balok Lego akan menarik perhatian Si Kecil untuk memainkannya. Ketika memainkannya, menyusun balok warna-warni membentuk suatu bangunan dapat memakan waktu dan dapat menguji kesabaran Si Kecil, terutama ketika ia harus mencari sebuah balok dengan bentuk tertentu yang penting untuk melengkapi bangunan yang ia inginkan. Hal ini membutuhkan waktu lama untuk menemukannya.

Si Kecil yang sering menginginkan sesuatu secara instan, lewat permainan ini ia harus melewati suatu proses untuk menyelesaikan bangunan yang ia inginkan. Proses inilah yang dapat membantu Si Kecil memahami bahwa untuk mendapatkan hasil yang baik, dibutuhkan waktu dan kerja keras untuk dapat membuahkan hasil. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. Lego)

Shares