Health

Perlukah Alat Pembersih Lidah Bayi?

By  | 

Membersihkan gigi bayi penting untuk menjaga kesehatan mulutnya. Tanpa perawatan yang baik, mereka bisa mengalami gigi berlubang dan masalah lainnya. Namun, sebelum gigi pertama mereka tumbuh, bayi yang baru lahir membutuhkan lidah, gusi, dan pipi bagian dalam agar bebas bakteri untuk menghindari potensi masalah kesehatan.

Pembersih lidah bayi bisa menjadi alat untuk membantu menjaga kebersihan mulutnya. Alat ini biasanya terbuat dari plastik, tembaga, atau baja tahan karat yang memungkinkan Mams membersihkan mikroba dari lidah bayi. Alat ini bekerja dengan menyingkirkan “kotoran” dengan cara mengikisnya dari area belakang lidah ke arah depan. Alat ini cukup aman digunakan bayi selama disimpan dengan baik dan dijaga kebersihannya sebelum dan setelah penggunaan.


Mengapa Harus Menjaga Lidah Bayi Tetap Bersih?

Bayi mulai tumbuh gigi sekitar usia 4 bulan. Bahkan sebelum itu terjadi, menjaga kebersihan mulut bayi adalah suatu keharusan. Meninggalkan ASI atau residu susu formula di mulut bayi selama berhari-hari memungkinkan bakteri berkembang biak dalam air liurnya yang manis. Sangat normal ketika Mams mendapati lidah Si Kecil tampak berubah warna setelah menyusu. Itu adalah sisa susu yang menempel di permukaan lidahnya. Tetapi jika Mams melihat luka putih krem di dalam mulut bayi Anda, itu mungkin sariawan.

Sariawan adalah infeksi jamur umum yang dapat menyebar dengan cepat, jadi bicarakan dengan dokter Anda jika menurut Mams Si Kecil mengidapnya.

Sariawan pada bayi terlihat seperti gumpalan kecil keju cottage yang tidak mudah dibersihkan. Bayi dengan sariawan memiliki rasa tidak nyaman dan rasa terbakar yang membuatnya kesulitan untuk makan. Tentunya kondisi ini juga dapat dengan mudah menyebar ke puting Mams saat menyusui. Kurangnya kebersihan gigi dan mulut pada bayi dan balita dapat dengan cepat menyebabkan penumpukan plak, dan dapat menyebabkan kerusakan gigi. Bakteri dalam plak juga menghasilkan asam setiap kali bayi atau balita Anda makan camilan manis. Asam ini lambat laun akan mengikis lapisan pelindung gigi yang disebut enamel gigi dan menyebabkan gigi berlubang.

Cara Membersihkan Lidah dan Gigi Bayi dengan Benar

Bayi dan balita membutuhkan bantuan orang dewasa untuk menjaga kebersihan lidahnya. Biasakan membersihkan setelah menyusui. Gunakan kain kasa atau waslap lembap, atau pembersih lidah bayi berbahan silikon. Pijat lembut gusi, lidah, dan pipi bagian dalam mereka. Jika Si Kecil mengizinkan Anda membersihkan mulutnya, letakkan jari Anda di dekat mulutnya dan tunggu sampai dia perlahan membukanya. Setelah mulutnya terbuka, letakkan jari Mams dengan lembut dan sabar ke dalam pipi bagian dalam jika Mams tidak dapat menjangkau gusi bagian belakang mulutnya.

Lalu Apakah Perlu Memiliki Alat Pembersih Lidah Bayi?

Memiliki gigi yang bersih hanyalah salah satu bagian dari kebersihan mulut. Penggunaan pembersih lidah dapat mengurangi plak dengan menyingkirkan bakteri tertentu di dalam mulut. Seiring bertambahnya usia Si Kecil, perlu diingat bahwa mengikis kotoran pada lidah bukanlah pengganti menyikat gigi.

Mams dapat menggunakan alat khusus pembersih lidah atau kain kasa maupun kain lembut yang bersih sebagai alternatif lainnya. Pilihlah sesuai kenyamanan Mams dan Si Kecil.

Beberapa tips merawat gigi lainnya yang bisa Mams lakukan pada Si Kecil adalah:
1.Jangan berikan Si Kecil banyak makanan dan minuman manis.
2.Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride.
3.Pastikan Si Kecil hanya menggunakan pasta gigi seukuran kacang polong.
4.Jangan biarkan bayi dan balita tidur sambil menyusu dengan botol di mulutnya.
5.Hindari berbagi peralatan makan dengan Si Kecil.
6.Perkenalkan Si Kecil dengan dokter gigi sejak ia berusia satu tahun. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. iStockphoto, various)

Shares