Health

Hamil Kembar = Eating for Three?

By  | 

Mendapat kabar bahwa Mams to be sedang menanti anak kembar tentu sangat menggembirakan. Segala sesuatu yang dipersiapkan, harus dalam jumlah dua kali lipat. Tapi bagaimana dengan urusan porsi makan ya?

Mungkin sebelumnya Mams pernah mendengar, bila sedang hamil, maka Anda akan makan dengan porsi untuk 2 orang (eating for two). Lalu bagaimana bila Mams to be hamil kembar? Masa sih Anda juga harus makan dengan porsi untuk 3 orang?

Eating for three, memang benar adanya. Tapi bukan berarti porsi makan Anda juga harus bertambah hingga tiga kali lipat. Tidak benar ya mamas to be!

Anda memang membutuhkan asupan kalori yang lebih banyak kala hamil, apalagi pada kehamilan kembar. Namun tentu saja porsinya tidak sampai jadi berlipat. “Untuk kehamilan tunggal, calon mama membutuhkan 340-450 kalori, sedangkan pada kehamilan kembar, kalori yang dibutuhkan sekitar 400 – 600 kalori saja,” ujar Caroline Passerrello, MS, RDN, LDN, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics,

Caroline juga merekomendasikan agar Mams juga mengonsumsi makanan padat gizi. Anda bisa menambahkan ekstra kalori tadi di porsi makan Anda biasanya, atau menambahkannya dalam porsi kecil di jam-jam dimana Anda mudah lapar.

Selain ekstra kalori, aturan kenaikan berat badan juga cukup penting untuk diketahui. “Kenaikan berat badan selama kehamilan sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter kandungan sejak awal kehamilan atau sejak Anda mempersiapkan diri untuk hamil. Dengan begitu, Mams sudah memahami bagaimana menjaga kenaikan berat badan selama hamil tanpa mengesampingkan kebutuhan nutrisi bagi Mams dan janin,” saran Jessica Shepherd, MD, OB/GYN dan ahli kesehatan wanita.

Jessica juga menambahkan agar nutrisi jadi perhatian penting Mams to be, terutama di awal kehamilan.

Sebagai acuan, Dr. Shepherd menggunakan panduan kenaikan berat badan pada kehamilan kembar, dari The Institute of Medicine guidelines. Disini disebutkan, pada kehamilan kembar, disarankan kenaikan berat badan adalah sebesar 16,8 – 24,5 kg untuk wanita dengan berat badan normal (BMI: 18.5 – 24.9), 14 – 22,7 kg bagi wanita dengan berat badan overweight (BMI = 25.0 – 29.9), dan 11,3  – 19 kg untuk wanita obesitas (BMI > 30).

Yang Harus Dipenuhi Selama Kehamilan

Jadi, eating for three bukan berarti menambah porsi ya, Mams. Melainkan menambah asupan nutrisi sesuai dengan bayi yang Anda kandung. Menambah berat badan pun juga harus sesuai usia kehamilan, agar kesehatan Anda dan kedua bayi dapat terjaga.

Beberapa hal yang perlu Mams to be penuhi saat hamil kembar adalah:

Asupan Vitamin & Mineral

Selain menambahkan ekstra kalori, Caroline juga menyarankan agar Mams to be dengan kehamilan kembar, menambahkan beberapa nutrisi seperti zinc yang terdapat di kacang-kacangan, biji-bijian, daging sapi, ayam, susu. Selain kacang-kacangan, Mams juga perlu menambahkan copper yang terdapat pada kacang-kacangan, biji-bijian, dan kerang, vitamin B6 yang ada di sereal, kacang-kacangan, pisang, daging sapi, ayam, dan ikan, serta vitamin C yang ada di dalam buah jeruk, pepaya, paprika, ataupun makanan yang diperkaya dengan vitamin C.

Dokter kandungan Anda biasanya juga akan merekomendasikan tambahan vitamin prenatal yang diperkaya dengan zat besi.

Saran kami, akan lebih baik bila Anda juga mengunjungi nutritionist yang dapat membantu untuk mengetahui tingkat gizi Anda. Dengan begitu, ia dapat membimbing Anda dalam jadwal, porsi, dan makanan apa saja yang dibutuhkan. Namun tentunya harus ada kerjasama antara dokter kandungan dan praktisi diet Anda, agar kebutuhan gizi bisa disesuaikan dengan keluhan kehamilan yang mungkin dialami. Seperti misalnya refluks atau heartburn yang kemudian membuat Anda harus menyesuaikan pola makan.

Cukupi Kebutuhan Cairan

Tak hanya memenuhi asupan nutrisi lewat makanan, Mams juga harus memastikan kalau tubuh tak kekurangan cairan karena dehidrasi sangat berbahaya bagi Anda dan juga janin dalam kandungan.

Academy of Nutrition and Dietetics menyarankan agar setidaknya minum 10 gelas air setiap harinya. Mams to be bisa menambahkan lagi bila masih merasa kepanasan, dan banyak berkeringat. Selain air, buah-buahan dan sayuran juga wajib dikonsumsi ya, Mams. Karena, baik buah maupun sayur, keduanya juga mengandung banyak cairan yang sangat baik untuk tubuh Anda.

Hindari Stres

Stres wajib dihindari. Fokuslah dengan kesehatan Anda dan bayi. Istirahatlah sebanyak yang Anda bisa, dan persiapkan diri Anda secara fisik maupun mental untuk menyambut kelahiran Si Kembar. Nikmati momen kehamilan Anda dengan bahagia ya, Mams to be! (Tammy Febriani/KR/Photo: Freepik)

Shares