Health

Manfaat Hati Sapi untuk MPASI Si Kecil

By  | 

Menu MPASI dengan nutrisi seimbang sangat disarankan bagi Si Kecil. Selain karbohidrat, MPASI Si Kecil juga harus disertai dengan protein nabati, protein hewani, dan juga sayuran.

Salah satu sumber protein hewani yang bisa Mamas pilih sebagai bahan MPASI Si Kecil adalah hati sapi. Para ahli merekomendasikan pemberian hati sapi sebagai bagian dari menu MPASI, mulai dari usia 8 bulan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat hati sapi sebagai menu MPASI Si Kecil:

1.Mendukung Perkembangan Otak

Hati sapi kaya akan zat besi, vitamin B6, dan B12 yang baik untuk mendukung perkembangan otak Si Kecil. Mengonsumsi makanan kaya zat besi bermanfaat untuk menghasilkan lapisan pelindung yang mengelilingi serabut saraf otak sehingga dapat mendukung fungsinya dengan optimal. Perkembangan otak yang optimal akan membantu Si Kecil berkonsentrasi dalam belajar.

2.Mencegah Anemia

Perlu Mamas ketahui, hati sapi juga bisa mengurangi risiko anemia. Hal ini karena hati sapi merupakan salah satu sumber makanan yang tinggi kandungan zat besi dan zinc. Si Kecil membutuhkan lebih banyak zat besi di awal masa pertumbuhannya ya, Mamas. Bila asupan zat besi Si Kecil tercukupi, maka Si Kecil akan terhindar dari anemia.

3.Membangun Sistem Kekebalan Tubuh

Zinc yang ada di dalam hati sapi dapat mendukung pertumbuhan sel tubuh dan membangun sistem kekebalan tubuh Si Kecil. Karena itu, kami sangat merekomendasikan Mamas untuk memberikan hati sapi dalam MPASI Si kecil.

4.Mendukung Pertumbuhan Fisik

Mengonsumsi hati sapi juga dapat mendukung pertumbuhan fisik Si Kecil menjadi lebih kuat dan optimal. Kandungan protein dalam hati sapi bisa membantu tubuh Si Kecil untuk membangun otot, memadatkan tulang dan giginya, serta membantu membentuk otot dan tulang yang kokoh sejak usia dini.

5.Meningkatkan Berat Badan

Kandungan riboflavin (B12) alami dalam hati sapi mampu mengubah makanan menjadi energi, memecah asam, dan juga mengaktifkan senyawa yang berfungsi untuk mendukung aktivitas bayi. Sehingga, dengan menambahkan hati sapi dalam menu MPASI, Mamas bisa mendukung pertumbuhan Si Kecil menjadi optimal dan menjaga berat badannya.

Tips Memilih Hati Sapi

Ada beberapa hal yang perlu Mamas perhatikan saat memilih hati sapi yang baik untuk menghasilkan MPASI berkualitas. Simak tipsnya berikut ini!

◦ Pilihlah hati sapi yang berwarna merah terang merata.

◦ Pastikan tidak ada gumpalan pada permukaan hati sapi.

◦ Hati sapi tidak berbau anyir menyengat.

◦ Membeli hati sapi segar lebih disarankan daripada membeli hati sapi beku.

◦ Saat mengolah, masukkan hati sapi setelah air mendidih guna menghindari bau amis. (Tammy Febriani/KR/Photo: Freepik)

Shares