Parenting

Cara Mudah Ajarkan Si Kecil Belajar Sholat

By  | 

Pendidikan agama bagi Si Kecil selayaknya dikenalkan pada Si Kecil di usia sedini mungkin. Bagi keluarga muslim, Si Kecil yang berusia 7 tahun sudah harus diajarkan tata cara mendirikan sholat.

Namun tak dapat dipungkiri, bagi Si Kecil, belajar sholat bukan hal yang mudah. Menghapalkan bacaan sholat dan gerakannya yang bisa dibilang tak sedikit bagi Si Kecil, bisa jadi membuatnya kesulitan.

Sebenarnya, ada berbagai cara yang bisa Mamas dan Papas lakukan untuk membantu Si Kecil belajar sholat dengan cara yang menyenangkan, seperti misalnya:

1.Beri teladan

Sebelum meminta Si Kecil belajar sholat, sebaiknya kita sebagai orangtua harus menjadi contoh disiplin dalam menjalankan sholat. Lakukan hal ini dengan memperlihatkan kepada Si Kecil saat Mamas dan Papas melakukan sholat sesuai waktu.

2.Terangkan tentang pentingnya sholat

Sejak usia dini, Si Kecil harus ditanamkan tentang arti pentingnya sholat bagi kehidupannya, di mana shalat merupakan salah satu kewajiban bagi manusia dan penghubung antara manusia dengan penciptanya, yaitu Allah SWT. Sebaiknya lakukan ini sebelum usia Si Kecil berumur 7 tahun ya..

3.Mulai mengajak Si Kecil untuk sholat

Setelah Si Kecil sedikit demi sedikit mengerti tentang pentingnya sholat, kita bisa mulai mengajak Si Kecil untuk sholat bersama. Si Kecil tentunya belum hapal gerakan dan bacaan dalam sholat, karena itu, kita dapat membaca bacaan sholat dengan suara yang lebih nyaring agar bisa terdengar Si Kecil. Dengan begitu lama-kelamaan, Si Kecil akan hapal dengan gerakan dan bacaan sholat.

4.Mengajarkan sholat dengan Smart Sajadah

Kemajuan teknologi yang ada saat ini terbukti dapat mendukung kehidupan manusia menjadi lebih mudah. Selain dengan metode konvensional seperti di atas, Mamas dan Papas juga bisa menggunakan bantuan teknologi untuk mengajarkan Si Kecil sholat.Salah satunya dengan menggunakan Olike Smart Sajadah.

Olike Smart Sajadah merupakan sajadah yang didesain khusus bagi Si Kecil yang sedang belajar sholat. Setelah sebelumnya meluncurkan Olike Smart Sajadah versi pertama pada akhir 2020, kini Olike menyempurnakan fiturnya dengan meluncurkan Smart Sajadah 2. Begitu banyak fitur dalam Smart Sajadah yang akan mempermudah Si Kecil dalam menghapal gerakan sholat dan bacaannya dengan adanya 26 autoplay sholat. Fitur-fitur tersebut mencakup sholat wajib 5 waktu, sholat Jum’at, 16 sholat sunnah, serta 4 sholat jamak.

Selain itu, terdapat miniatur masjid multifungsi pada bagian depan dan merupakan mesin dengan speaker yang mengeluarkan suara, termasuk kompas penunjuk arah kiblat dan sensor gerakan sholat. Sensor ini akan menyala sesuai dengan bacaan sholat, yang akan membimbing Si Kecil melakukan gerakan sholat dengan benar. Bahkan, ada juga penghitung rakaat digital yang akan menampilkan jumlah rakaat yang sedang dijalankan pada saat mode auto play diaktifkan! Dengan belajar sholat menggunakan Smart Sajadah, tentu proses belajar Si Kecil jadi lebih menyenangkan. Apalagi Smart Sajadah 2 memiliki berbagai 4 warna menarik yang akan disukai Si Kecil, yaitu warna hijau, biru, ungu, dan merah muda. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. Freepik, Olike)

Shares